Pemkab Sinjai Akan Melaksanakan Sejumlah Pembangunan di Bidang Sanitasi


SINJAI, Sulselpos.id - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sinjai Ir. H. Taufiq Saleh melalui Kepala Bidang Cipta Karya Muh. Sabri Arsyad akan melaksanakan sejumlah pembangunan di bidang sanitasi dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun APBN, Selasa (19/7/2022).

Alokasi DAK di bidang sanitasi tersebut berkisar  Rp 5 Milyar untuk pembangunan tangki septik individual sebanyak 400 unit untuk 400 Kepala Keluarga (KK).

Selain itu,  juga akan dibangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) skala komunal sebanyak untuk 50 KK serta satu unit pengolahan sampah atau TPS3R. 

Tangki septik individual tersebut akan dibangun di 8 desa/kelurahan masing-masing Kelurahan Balangnipa,  Biringere,  Lappa,  desa Baru,  desa Turungan Baji,  desa Bonto, desa Batu Belerang dan desa Bulu Tellue.

Untuk IPAL skala komunal dibangun di dua desa yaitu di desa Biroro dan Turungan Baji sedangkan 1 unit TPS3R akan dibangun di desa Bonto Tengnga. 

Untuk program sanitasi yang dibiayai oleh APBN dengan anggaran berkjsar Rp. 2,9 milyar digunakan untuk membangun IPAL skala komunal (50-75 KK) di desa Alenangka serta pembangunan tangki septik skala individual di tiga desa yaitu desa Palangka,  Lasiai dan Duampanuae. 

Selain itu, program sanitasi ini juga menyentuh lingkungan pesantren berupa pembangunan IPAL skala komunal yang dilengkapi dengan toilet umum.  Pembangunan ini  sasarannya di Pesantren Al insani di Talle, Pesantren Fatul Mubarak di Palae,  Pesantren Darul Muttaqin di Mannanti dan Pesantren Wadi Mubarak di desa Gereccing. 

"Fokus anggaran program sanitasi ini berada di desa/kelurahan yang memiliki kasus stunting karena kita ketahui kebersihan lingkungan merupakn faktor penting untik menekan angka stunting, " jelas Kepala Bidang Cipta Karya Muh. Sabri Arsyad.

Sabri menambahkan, untuk program yang bersumbser dari DAK saat ini sudah dilakukan tandatangan kontrak dan dalam tahap proses pencairan dana tahap psrtama sedangkan untuk dari APBN juga sudah akan mulai dilaksanakan. 

Sementara itu Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan bahwa pembangunan di bidang sanitasi ini, agar nantinya digunakan secara tepat sasaran dan tepat manfaat untuk memberikan akses sanitasi yang layak dengan memperhatikan kualitas dan sesuai aturan.

"Penyediaan sanitasi yang baik jelas memberi dampak pada peningkatan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat, serta berefek positif berupa peningkatan produktivitas masyarakat,” kata Bupati ASA.

Wiwi

0 Komentar