Melalui Konferensi Pers, Dompet Dhuafa Sulsel Siap Distribusi 500 Hewan Kurban Hingga ke Pelosok


GOWA, Sulselpos.id - Menyambut datangnya Idul Adha, Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan (DD Sulsel) melakukan konferensi pers di Kampung ternak Macanda DD Sulsel, Kecamatan Somba Opu, Rabu (15/6/22).

Mengusung tema "Persiapan tebar hewan Kurban 2022", Dalam Konferensi pers, Dompet Dhuafa Sulsel siap melakukan Program Tebar Hewan Kurban (THK) yang menjangkau 13 Kabupaten di 2 provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar) dengan 5000 penerima manfaat.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sulsel, Rahmat Hidayat membeberkan  kriteria lokasi penyebarannya adalah pada daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T) yang mengalami defisit daging kurban, daerah muslim minoritas, daerah pasca bencana, sera beberapa daerah pelosok yang mengalami krisis pangan. 

"Pemilihan wilayah tersebut merupakan bentuk komitmen dari Dompet Dhuafa untuk memberikan manfaat daging kurban secara merata kepada para warga prasejahtera yang kesulitan menjangkau daging serta upaya untuk meminimalisir penumpukan daging kurban di perkotaan," ujarnya.

Dia juga mengutarakan, Pada program THK Dompet Dhuafa 2022 ini, Dompet Dhuafa mengajak kepada masyarakat untuk berpartisipasi kurban meski di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

"Masyarakat tidak perlu khawatir, sebab Dompet Dhuafa telah bekerjasama dengan mitra untuk melakukan Quality Control terhadap hewan kurban agar kesehatan hewan terjaga dan memenuhi syariat islam untuk dikurbankan. Selain itu, Dompet Dhuafa juga taat kepada segala bentuk instruksi dan ketentuan pelaksanaan qurban oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI)," jelasnya.

"Nilai lebih dari adanya program THK Dompet Dhuafa adalah pendistribusian daging yang menerapkan sistem eco-friendly yang mana daging kurban dibungkus dengan besek bambu, telo bag, daun pisang atau jati sebagaimana kearifan lokal setempat. Dengan begitu, ibadah kurban tak akan mencemari lingkungan," pungkasnya.

Sekedar diketahui, sejak tahun 1994 Dompet Dhuafa telah menjadi lembaga zakat yang menaungi masyarakat dalam berkurban melalui program THK. Hal ini dilakukan DD Sulsel sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan ketakwaan umat muslim dalam menyambut Idul Adha, menanamkan sikap untuk terus saling berbagi antar sesama, dan juga untuk menambah keberkahan pada harta yang dimiliki.

Ims

0 Komentar