Ukur Kemampuan Fisik Jasmani, Kogartap II/Bandung Gelar Garjas Periodik -->

Ukur Kemampuan Fisik Jasmani, Kogartap II/Bandung Gelar Garjas Periodik

Rabu, 18 Mei 2022, 12:59

BANDUNG, Sulselpos.id - Guna mengetahui tingkat kesegaran jasmani prajurit, Kogartap II/Bandung menggelar test Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I Tahun 2022 di Lapangan Stadion Siliwangi Jalan Lombok No 10 Sumur Bandung Kota Bandung, Rabu (18/05/22).

Kegiatan ini diikuti 216 prajurit jajaran Kogartap II/Bandung yang meliputi Perwira, Bintara, Tamtama dan ASN yang akan digelar selama dua hari.

Dalam pelaksanaannya, Garjas periodik ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut, disampaikan Kaskogartap II/Bandung, Marsekal Pertama Budi Sumarsono melalui Waasops Letkol Pas Jumongga Sitinjak, Kegiatan Garjas periodik merupakan program yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali.

Dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit, sekaligus sebagai tolak ukur kesemaptaan jasmani secara berkala.

“Meski Pandemi Covid-19 belum berakhir faktor keselamatan dan kesehatan anggota selama kegiatan yang kita utamakan dan  penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan,” terang Jumongga.

Pihaknya berharap dengan adanya Garjas periodik yang dilakukan ini dapat diketahui sejauh mana pembinaan yang dilakukan oleh satuan, sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk program kedepan. 

Tantangan tugas yang semakin banyak, maka dituntut prajurit yang profesional dan memiliki fisik tetap prima.

“Untuk mendapatkan hasil terbaik, kita harus latihan dan pembinaan secara teratur dan berkala sehingga mampu menjaga dan meningkatkan stamina fisik prajurit," ungkapnya.

Adapun kesegaran jasmani yang dilaksanakan meliputi, Garjas A yakni lari 12 menit. Garjas B, meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges, Shuttle Run dan ketangkasan Renang. 

Sebelum pelaksanaan Garjas periodik, sebelumnya dilakukan juga pemeriksaan kesehatan untuk mengecek kondisi tubuh.

Haeril

TerPopuler