Sinjai dan Keindahan Pulau Larea - rea -->

Sinjai dan Keindahan Pulau Larea - rea

Senin, 30 Mei 2022, 21:44

OPINI, Sulselpos.id - Negeri seribu pulau, yang mungkin menjadi salah satu julukan estetik yang digelarkan untuk negara berlambang garuda di mata dunia. 

Mengapa tidak ? kurang lebih 16 ribu pulau - pulau indah, yang menjadi rekomendasi pilihan bagi para wisatawan lokal dan turis mancanegara menghabiskan liburan. Selain pemandangan yang selalu memanjakan mata pengunjung, juga mampu mejadi tempat yang tepat untuk self healing, menyejukkan pikiran, dan menenangkan diri dari hiruk pikuk kerasnya kehidupan. 

Kabupaten Sinjai, atau yang dikenal juga Bumi Panrita Kitta, terletak kurang lebih 220 km dari Kota Makassar, Ibukota Sulawesi Selatan. Terdapat beberapa pilihan tempat wisata dari pegunungan, hingga pantai. Namun bagi para wisatawan yang suka berlibur ke pantai, Pulau Larea - rea adalah salah satu pilihan yang pas. Nah, sebenarnya Kabupaten Sinjai memiliki 9 pulau kecil, yang memerlukan keberanian menebas lautan untuk sampai ke sana.

 Diantara ke-9 pulau tersebut, ada 1 pulau yang tidak berpenghuni, namun sangat mempesona, hingga sangat pas dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, itulah yang dikelola dan dijadikan sumber wisata eksotik dan diperkenalkan dengan nama pulau Larea - rea. Luas daratan di pulau ini hanya sekitar kurang lebih 10 meter, namun tetap menjadi tempat rekomendasi untuk menghabiskan waktu liburan. 

Untuk menuju lokasi yang indah ini, memerlukan akses, dengan menggunakan perahu kayu, yang diperkirakan membutuhkan waktu 1 jam dan untuk speed boot (perahu cepat) hanya memerlukan waktu sekitar 15 sampai 20 menit dengan tarif sewa sekitar 350 sampai dengan 500 ribu rupiah sudah termasuk biaya kembali ke daratan Kabupaten Sinjai, dan untuk perorangnya hanya membutuhkan 10 sampai dengan 50 ribu rupiah. Nah untuk tarif tersebut, mungkin sangat pas dengan keindahan pulau yang akan dilihat setelah tiba. 

Bagi pengunjung yang ingin ke Pulau Larea- rea, bisa saja langsung ke Pelabuhan Cappa Ujung Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara, untuk memilih kendaraan kendaraan apa yang pas digunakan menuju lokasi wisata dengan spot foto indah dan memukau, dengan hamparan pasir putih bersih dan air yang jernih. Nilai plusnya adalah meski tidak berpenghuni namun pulau ini tetap terawat dan terjaga keasriannya. 

Disamping itu, meski Pulau Larea - rea berdiri sendiri (tanpa penghuni) namun fasilitas bagi pengunjung wisata sudah sangat lengkap. Diantaranya, sudah tersedia Musholla, gazebo untuk beristirahat, resor untuk menginap, dive center untuk penghuni yang ingin diving dan juga anjungan yang bertulis Larea - rea sebagai spot foto, yang memamerkan keindahan pulau. 

Disamping disediakannya resor untuk beristirahat, banyak wisatawan yang juga sengaja datang untuk melakukan camping bersama hanya untuk menyaksikan keindahan sunrise (matahari terbit) dan 
sunset (matahari terbenam) yang sangat memukau. Dari pulau ini juga, pengunjung bisa menyaksikan hijaunya lereng Gunung Bawakaraeng. Tidak hanya itu, banyaknya pohon rindang di pulau ini, menambah nilai plus keeksotikan dan membuat para wisatawan tidak terlalu merasa kepanasan seperti pantai - pantai yang lain. 

Selain bisa menyaksikan keindahan panorama alam yang tak tertandingi, dari daratan Pulau Larea - rea, kita juga bisa menyaksikan keindahan bawah laut yang tak kalah jauh lebih memukau. Jadi tunggu apa lagi, kumpulkan rupiah sekarang, datang dan kunjungi Pulau Larea - rea Kabupaten Sinjai, dan saksikan sendiri, betapa indahnya alam Sinjai.

Penulis : Nur Jannah
(Mahasiswi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, IAIM Sinjai)

*Tulisan tanggungjawab penuh penulis

TerPopuler