Upaya Peran Mahasiswa Dalam Mewujudkan SDGs -->

Upaya Peran Mahasiswa Dalam Mewujudkan SDGs

Kamis, 21 April 2022, 12:38

OPINI, Sulselpos.id - Mahasiswa adalah orang yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, mereka dididik untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas tinggi dan diharapkan dapat memajukan kesejahteraan bangsa Indonesia, (Sanda, 2021). 

Mahasiswa juga disebut sebagai aset dalam pengembangan bangsa Indonesia, karena dengan semakin tinggi kualitas mahasiswa dari suatu negara maka negara tersebut dapat berkembang dengan pesat menuju target yang ingin dicapai.

Selanjutnya, mahasiswa disebut memiliki peran penting dalam upaya Indonesia mencapai target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). 

SDGs merupakan komitmen global yang sangat penting untuk menjadi panduan, kerangka, dan agenda bersama yang inklusif dan berkelanjutan, demi menyelamatkan generasi hari ini maupun generasi masa depan. 

Sustainable Development Goals (SDGs) adalah suatu tujuan yang dikembangkan pada saat pelaksanaan Millenium Development Goals MDGs berakhir, ide tersebut diusulkan oleh beberapa negara anggota PBB pada tanggal 25 September yang disetujui oleh beberapa anggota PBB pada saat itu dan guna untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di dunia. 

Salah satu contoh dari permalahan tersebut adalah adanya kemiskinan, dengan adanya SDGs ini diharapkan solusi untuk melindungi bumi dan menjamin kemakmuran masyarakat.

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan ide pengganti Millenium Development Goals (MDGs). Isi dari SDGs sendiri memuat 17 tujuan dan 169 capain yang diharapkan dapat tercapai pada tahun 2030 mendatang. 

Pembangunan Berkelanjutan SDG’s menjadi suatu rencana aksi global dalam mengatasi dan mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. 

SDGs ini dilakukan pula dalam rangka menciptakan kesejajaran yang terjadi antara negara berkembang dengan negara maju. 

Mahasiswa sebagai generasi muda di era milenial yang menjadi pilar untuk memajukan bangsa, turut andil menjadi salah satu pihak yang memiliki pengaruh penting keberlangsungan SDGs di Indonesia serta mengambil peran dalam menjalankan program SDG’s untuk membawa Indonesia menjadi negara maju tentunya dengan memanfaatkan perkembangan zaman, (Vaanya, 2021).

Mahasiswa menjadi pijakan dalam kemajuan suatu bangsa. Karena itu sangat diharapkan supaya nantinya mahasiswa dapat mengembangkan tujuan bangsa ke arah yang lebih baik. 

Sebagai upaya peran mahasiswa dalam mewujudkan SDGs mungkin ada beberapa menurut saya yang bisa dilakukan. 
Pertama, misalnya mengkampanyekan hidup sehat. 

Hidup sehat sangatlah penting, memiliki kemampuan otak yang cerdas tentu tidak akan optimal tanpa ada dukungan dari badan yang sehat, oleh sebab itu kita sebagai mahasiswa sekaligus  generasi milenial agar senantiasa hidup sehat. 

Mengkampanyekan hidup sehat juga salah satu peran kita dalam mewujudkan SDGs tercapai dengan baik di negara kita, tentu juga itu hal yang tidak mudah, perlunya paksaan pada diri agar membiasakan perilaku hidup sehat dan tidak pula lupa untuk mengajak saudara, keluarga, sahabat dan masyarakat sekitar kita untuk membiasakan hidup sehat.

Kedua, aktif berkegiatan sosial. Berperan aktif dalam kegiatan sosial adalah sebuah cara yang bisa  dilakukan untuk membantu pemerintah mengurangi permasalahan sosial.

Ketiga, membudayakan membaca. Indonesia tidak bisa mengelak kenyataan bahwa budaya membaca di negara kita tergolong sangat rendah sekali, menurut hasil survey UNESCO pada tahun 2016, Indonesia menempati posisi 60 dari 61 negara yang disurvey. 

Sebagai generasi muda tentunya dalam membudayakan membaca/literasi dimulai dari diri sendiri kemudian ke orang sekitar. 

Sebagai upaya dalam membudayakannya literasi ke orang lain dengan harapan kualitas SDM meningkat sehingga TPB/SDGs dapat terwujud dengan optimal di Indonesia, (Teguh, 2019). 

Keempat, ikut andil dalam pembangunan berkelanjutan dimulai dari tempat asal sendiri. Sebagai seorang mahasiswa sekaligus kaum millenial jangan sampai lupa dengan desa atau daerah asalnya. 

Dan untuk itu dalam upaya mewujudkan SDGs agar optimal di Indonesia bisa dimulai dari ikut andil pembangunan di daerah asal ataupun di daerah yang mungkin butuh untuk dibantu dalam pemabngunan berkelanjutannya. 

Jadi mungkin itulah beberapa upaya peran sebagai mahasiswa/milenial dalam menyukseskan implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (SDGs) yang sangat diharapkan oleh pemerintah. 

Tanpa keterlibatan kaum muda tidak mungkin TPB/SDGs bisa terwujud, oleh sebab itu, kaum muda bersama-sama berperan dalam mewujudkan TPB/SDGs dengan meningkatkan kualitas diri  baik itu kualitas pengetahuan, fisik dan rohani.

Penulis : Mutiara Fitri 
(Mahasiswi Ekonomi Syariah IAIM Sinjai)

Tulisan Tanggung Jawab Penuh Penulis

TerPopuler