Wajib Vaksin di Pilkades, Tokoh Pemuda Sinjai : Jangan Mencederai Demokrasi dengan Alasan Karena Belum Vaksin -->

Wajib Vaksin di Pilkades, Tokoh Pemuda Sinjai : Jangan Mencederai Demokrasi dengan Alasan Karena Belum Vaksin

Sabtu, 05 Maret 2022, 18:44

SINJAI, Sulselpos.id - Tokoh Pemuda Sinjai angkat bicara terkait setiap pemilih diwajibkan menunjukkan kartu vaksin sebelum melakukan pencoblosan pada Pilkades Serentak 17 Maret 2022 di Sinjai mendatang.

Muh Aswin, Tokoh Pemuda dari Sinjai Tengah mengatakan bahwa jikalau kartu vaksin dijadikan sebagai syarat untuk bisa ikut melakukan pencoblosan maka siapa yang bertanggung jawab terhadap hak suara masyarakat yang belum vaksin?

Yang kedua, seharusnya Penyelenggara ini berpikir bagaimana partisipasi masyarakat dalam suksesi pilkades ini bisa lebih baik dari pilkades sebelumnya, bukan malah bertindak seolah penyelenggara ini juga adalah tim vaksinator.

"Kita semua sepakat untuk mendukung percepatan vaksinasi tapi liat tempatnya, vaksinasi yah vaksinasi, pemilihan yah pemilihan karena hak suara masyarakat juga merupakan bagian dari kebebasan demokrasi, jangan mencederai demokrasi dengan alasan karena belum vaksin," katanya, Sabtu (05/03/22).

Aswin juga mengutarakan, untuk memutus penyebaran Covid penyelenggara ini baiknya berfikir dan menyiapkan perangkat di tiap tempat pemungutan suara untuk memastikan protokol kesehatan tetap terjaga agar semua hak suara masyarakat dapat digunakan pada tanggal 17 nanti bukan malah membatasi dengan alasan belum vaksin.

Sebelumnya disampaikan Hariyani selaku Kadis PMD dikutip di Sinjaikab.go.id saat rapat koordinasi (Rakor) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Sinjai yang dipimpin langsung Bupati Andi Seto Asapa (ASA) di Gedung Pertemuan, Jumat (04/03/22).

“Kami telah memassifkan sosialisasi kepada 54 desa yang mengikuti Pilkades Serentak untuk mengikuti dan menyukseskan percepatan vaksinasi,” ujarnya.

Itu dilakukan sebagai wujud percepatan vaksinasi di Kabupaten Sinjai sehingga dapat terbentuk kekebalan kelompok atau ‘Herd Immunity’ dalam menangkal Covid-19.

“Jadi selain untuk menjaga kekebalaan tubuh, vaksinasi ini penting dalam menyukseskan Pilkades yang akan dilakukan secara serentak di Kabupaten Sinjai. Bagi masyarakat yang belum divaksin agar segera melakukan penyuntikan vaksin di pusat pelayanan kesehatan terdekat,” ajak Hariyani.

Pardi

TerPopuler