Protokol Kogartap II/Bandung Gelar Upacara Penyambutan Perdana Menteri Papua Nugini


BOGOR, Sulselpos.id - Penyambutan Kunjungan Kenegaraan Perdana Menteri Papua Nugini Y.M. Mr. James Marape di Istana Bogor Jalan Padjajaran, Kota Bogor, Kamis (31/03/22).

Kepala Protokol Kogartap II/ Bandung, Letkol Kal Banu Budiyant menyampaikan sebelum pelaksanaan melaksanakan gladi dan pada jam H bertindak sebagai Inspektur Upacara Ir. H. Joko Widodo Presiden Republik Indonesia.

Peserta Upacara terdiri dari 1 SST Protokol Paspampres, 18 Pasukan Tradisional (Paspampres), Korsik Paspampres, Raihor Armed 7/105 GS Kodam Jaya 9 orang Pok Pembawa Bendera kebangsaan kedua Negara dan 2 Ton Pramuka.

Pejabat-pejabat yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Para Menteri, Duta besar Papua Nugini beserta rombongan dan pejabat kedua Negara lainnya.

Kaskogartap II/Bandung, Marsekal Pertama TNI Budi Sumarsono bertindak sebagai Paup menyampaikan pelaksanaan rangkaian kegiatan penyambutan Kunjungan Kenegaraan Perdana Menteri Papua Nugini dapat berjalan dengan tertib dan aman.

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) PNG Y.M. Mr. James Marape di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat sesuai tradisi yang dibangun Presiden Jokowi.

PM Papua Nugini Y.M.Mr. James Marape disambut pasukan berkuda, pasukan yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia, dan korps musik di pintu gerbang Kompleks Istana Kepresidenan Bogor. 

Sementara itu, Presiden Jokowi menunggu Perdana Menteri PNG di teras samping Istana Kepresidenan Bogor.

"Kedua pemimpin langsung melakukan salam Namaste dan selanjutnya, Presiden Jokowi selaku tuan rumah mengajak Perdana Menteri PNG untuk mengikuti upacara penghormatan kenegaraan di Halaman Depan Istana Kepresidenan Bogor," jelasnya.

Pada saat digelar upacara penyambutan yang menerapkan protokol kesehatan ketat, diperdengarkan lagu kebangsaan Papua Nugini dan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Lebih lanjut, Kasgar menyampaikan setelah itu, Presiden Jokowi mengajak PM  PNG Y.M. Mr. James Marape untuk memeriksa pasukan dan selanjutnya memperkenalkan jajaran menteri yang mendampinginya.

Setelah saling memperkenalkan jajaran pejabat pendamping, Presiden Jokowi mengajak Perdana Menteri PNG melakukan sesi foto bersama dan menandatangani buku tamu.

Kemudian, Presiden Jokowi mengajak menuju veranda Istana Bogor untuk melakukan perbincangan singkat.

"Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang sudah bekerja dengan Maksimal penyambutan kunjungan kenegaraan hari ini sampai dengan selesai berjalan aman dan tertib," tutupnya.

Haeril

0 Komentar