Transformasi Kepemimpinan di Era Digital -->

Transformasi Kepemimpinan di Era Digital

Minggu, 13 Februari 2022, 19:54

OPINI, Sulselpos.id - Diskursus tentang masalah kepemimpinan merupakan sesuatu yang tidak lazim lagi untuk diperdebatkan. Mengenai konsep kepemimpinan banyak di kaji dan dianalisis dari berbagai sudut pandang keilmuan. 

Pemimpin memiliki peran yang sangat berbeda dalam menjalankan tanggung jawabnya dimana Masalah kepemimpinan selalu memberikan kesan yang menarik, sebab suatu organisasi akan berhasil atau gagal akan ditentukan oleh kualitas kepemimpinan seseorang, Kepemimpinan merupakan salah satu aspek manajerial dalam kehidupan berorganisasi yang merupakan posisi kunci. 

Keberhasilan dan kegagalan suatu organisasi salah satunya ditentukan oleh kepemimpinan yang memimpin organisasi, bahkan maju atau mundurnya suatu organisasi sering diidentikkan dengan perilaku kepemimpinan dari pimpinannya. Dengan demikian, pemimpin bertanggung jawab terhadap pelaksanaan organisasi yang dipimpin, hal ini menempatkan posisi pemimpin yang sangat penting dalam suatu organisasi.

Peran kepemimpinan dalam suatu organisasi sangat vital dan strategis dalam mewujudkan visi dan misi organisasi dan merupakan motif untuk mendorong dan memberdayakan seluruh sumber daya yang ada dalam organisasi. Pada suatu proses tindakan perencanaan pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian serta pemanfaatan sumber – sumber daya secara efektif dan efisien dalam mewujudkan serta mencapai apa yang menjadi tujuan yang telah ditetapkan organisasi.

Kepemimpinan merupakan faktor penting dalam memberikan pengarahan kepada anggotanya apalagi pada saat-saat sekarang ini di mana semua serba terbuka, maka kepemimpinan yang dibutuhkan adalah kepemimpinan yang bisa memberdayakan semua bawahannya. Seorang pemimpin harus mampu menyatukan persepsi dan cara pandang dalam rangka mencapai tujuan organisasi atau kelompoknya. melalui pembentukan mental yang kuat baik yang berdedikasi tinggi dan loyalitas serta komitmen yang tinggi, memberikan bimbingan, pengarahan, dan kordinasi yang baik.

Jika kita berbicara kepemimpinan pada konteks sekarang, dimana terjadinya suatu pergeseran zaman yang disebabkan oleh perubahan dan perkembangan teknologi serta inovasi digital yang bergerak cepat secara masif. Sehingga pemimpin dimasa sekarang harus mampu beradaptasi serta berubah dengan cepat. Pada prinsipnya seorang pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang membangun kerja sama yang baik – kolaboratif, tangkas, analitis, kreatif, dan inovatif. Serta menerapkan nilai kepemimpinan yang open mind dan open communication, serta mengurangi keformalan dan birokrasi. 

Secara eksplisit kepemimpinan merupakan kemampuan seseorang dalam proses tindakan, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Dengan prinsip Amanah yang diartikan dengan kejujuran, kepercayaan. dan Keadilan (keseimbangan). 

Penulis : Isal Anwar Hasan (Dosen IISIP Yapis Biak) dan Nuramal (Mahasiswa Doktor Ilmu Manajemen UMI)

TerPopuler