Sosialisasi Proker Mahasiswa KKNP IAIM Sinjai Hadirkan Ketua FTBM Sebagai Pemateri -->

Sosialisasi Proker Mahasiswa KKNP IAIM Sinjai Hadirkan Ketua FTBM Sebagai Pemateri

Kamis, 10 Februari 2022, 22:11

SINJAI, Sulselpos.id - Sosialisasi Program Kerja (Proker) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Profesi (KKNP) IAIM Sinjai Desa Gantarang bertempat di Aula Kantor Desa Gantarang, Kecamatan Sinjai Tengah, Kamis (10/02/22). 

Dalam sosialisasi Proker tersebut juga dirangkaikan dengan kegiatan Revitalisasi Gerakan Literasi Desa Gantarang Melalui TBM.

Dalam kegiatan tersebut hadir Ketua Forum TBM Sinjai, Mirfayani Mirsal sebagai pemateri menyampaikan pentingnya kehadiran TBM sebagai wadah dan sarana belajar warga masyarakat. 

"Taman Bacaan Masyarakat tidak saja hanya berfungsi sebagai tempat membaca atau tempat buku, tapi bisa menjadi ruang belajar bagi masyarakat mulai dari anak-anak sampai orang tua. TBM menjadi wadah, tempat berinovasi dan berkreasi serta menjadi sumber informasi untuk masyarakat," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dirinya mengatakan, dengan Gerakan Literasi tidak hanya sekedar membaca atau soal buku saja, tetapi bagaimana gerakan literasi ini menjadi sarana peningkatan kapasitas, agar masyarakat bisa lebih cakap, kreatif dan berpengetahuan luas.

"Teman-teman mahasiswa yang sedang ber -KKN semoga bisa membantu Pemdes dan masyarakat untuk mengidentifikasi potensi desa, masalah yang ada di Desa dan kebutuhan masyarakat desa," terangnya.

Pemaparan program kerja yang disampaikan ada 4 diantaranya : pengembangan literasi melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM), perkenalan tempat wisata Desa melalui pembuatan video dalam 4 Bahasa, festival anak soleh dan perlombaan antar Pemuda Desa.

Turut dihadiri Pemerintah Desa Gantarang, Ketua BPD, Kepala Penyuluh Agama, Kepala Dusun, Karang Taruna dan Tokoh Masyarakat.

Haeril

TerPopuler