Kunjungan Kerja Spesifik Komisi 6 DPR RI Tinjau Pelaksanaan Ultra Mikro -->

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi 6 DPR RI Tinjau Pelaksanaan Ultra Mikro

Kamis, 03 Februari 2022, 22:00


SEMARANG, Sulselpos.id - Dalam rangka peninjauan pelaksanaan ultra mikro, Kunjungan Kerja Spesifik Komisi 6 DPR RI dipimpin Wakil Ketua Komisi 6 DPR RI Aria Bima melakukan kunjungan ke PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (03/02/22). 


Aria Bima memaparkan bahwa berdasarkan data Kementerian Koprasi dan UKM, jumlah usaha mikro mencapai 98,7% dari UMKM di Indonesia dan berkontribusi terhadap 109,84 juta tenaga kerja atau 89,04% dari total tenaga kerja dan menyumbang 37,35% dari PDB tahun 2019.


Meskipun demikian, kontribusi Usaha Mikro (UMi) yang sangat besar belum sejalan dengan akses terhadap pembiayaan pada sektor keuangan formal. 


"Rendahnya akses UMi terhadap keuangan formal disebabkan oleh masih rendahnya literasi keuangan pelaku UMi," ungkapnya.


Karena itu, BUMN Holding Ultra Mikro melalui integrasi kinerja bersama BRI, Pegadaian dan PNM harus siap membantu pelaku usaha ultra mikro, mengingat di masa Pandemi Covid-19 kondisi pasar memang masih cukup menantang.


“Komisi VI DPR RI ingin mengetahui secara langsung dari BRI, Pegadaian dan PNM sebagai pelaksana pembiayaan ultra mikro dalam rangka mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional,” ujarnya. 


Diketahui, anggota Komisi 6 DPR RI yang hadir adalah Sondang Tiar Debora Tampubolon, Harris Turino, Doni Akbar, Bambang Heri Purnama, La Tinro La Tunrung, Rudi Hartono Bangun, Acep Adang Ruhiat dan Muhammad Dhevy Bijak.


Penulis : Hijriana

Editor : Haeril

TerPopuler