TNI/Polri Bersama Masyarakat Lakukan Kirab Merah Putih di Teluk Wondama -->

TNI/Polri Bersama Masyarakat Lakukan Kirab Merah Putih di Teluk Wondama

Rabu, 01 Desember 2021, 18:27

TELUK WONDAMA, Sulselpos.id - Merayakan Hari Persatuan Masyarakat Teluk Wondama, Kodim Persiapan Teluk Wondama dan Koramil 1801-04/Wasior bekerjasama Polres Teluk Wondama dan Gerakan Merah Putih melaksanakan Kirab Merah Putih di Lapangan Apel Polres Teluk Wondama, Papua Barat, Rabu (01/12/21).

Kirab Merah Putih ini dipimpin oleh Wakil Bupati Kabupaten Teluk Wondama Drs. Andarias Kayukatui didampingi Kapolres Teluk Wondama AKBP Yohanes Agustiandaru dan Kasdim Kodim Persiapan Teluk Wondama Mayor Inf Edison Hadi Yepese. 

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 300 orang diantaranya Forkopimda, Polres Teluk Wondama, Kodim Persiapan Teluk Wondama, Koramil 1801-04/Wasior, Para Kepala Distrik, Tokoh Adat, Gerakan Merah Putih dan Masyarakat. 

Kegiatan ini dengan route dimulai dari Polres Teluk Wondama menuju Wasior dan putar kembali finish di Taman Wisata Kampung Torey Distrik Rasiei. 

Selanjutnya dilakukan pembentangan Bendera Sangsaka Merah Putih dengan panjang 18 Meter dan lebar 8 Meter, dilanjutkan Penanaman pohon sepanjang Pantai Wisata Torey dan pengucapan ikrar dan janji. 

Dalam ikrar dan janji diucapkan oleh Ketua Lembaga Adat Teluk Wondama, Andrian Warengga berisi tentang.

"Atas Rahmat Tuhan untuk wondama tanah peradaban yang terberkati. Kami semua masyarakat Wondama berjanji Setia menjaga peradaban tanah Papua yang diberkati Tuhan dibawah NKRI. 

Bersinergi bersama masyarakat dan pemerintah daerah beserta aparat keamanan negara baik dari TNI Polri dalam memberikan perlindungan dengan mengedepankan keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi. 

Semoga dari peninggalan nenek moyang kami hingga waktu sekarang ini dan dimasa mendatang selamanya Wondama diberkati dan menjadi pusat peradaban masyarakat dunia dengan mengedepankan kebersamaan dalam kasih Tuhan".

Dandim 1801/Manokwari, Kolonel Inf Suharma Zunam menyampaikan bahwa kegiatan Kirab bendera merah putih bermaksud dalam rangka menjaga peradaban orang Papua dalam bingkai NKRI.

Juga sebagai penyemangat bagi pemuda di Kabupaten Teluk Wondama agar selalu menjadi pelopor perdamaian bagi daerahnya dan mengajak masyarakat agar tidak terprovokasi dengan kelompok separatis. 

"Parade kirab kebangsaan merah putih ini digelar dalam rangka silaturahmi kebangsaan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan di wilayah Provinsi Papua Barat khususnya Kabupaten Teluk Wondama," tutupnya.

Haeril

TerPopuler