KPU Tana Toraja Laksanakan Rapat Penetapan Rekapitulasi DPB


TANA TORAJA, Sulselpos.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja melaksanakan rapat penetapan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Periode November 2021 di Ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) Tongkonan, Rabu (01/12/21) Kemarin.

Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang diamanahkan UU diluar Tahapan Pemilu/Pemilihan.

PDPB ini bertujuan meng-update data pemilih setiap bulannya pasca Tahapan Pemilihan. Update dilakukan dengan mencoret/mengeluarkan pemilih TMS (Tidak Memenuhi Syarat) termasuk pemilih yang belum melakukan perekaman KTP maupun menambahkan pemilih baru serta melakukan perbaikan data pemilih.

Rapat ini dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Tana Toraja, Sekretaris, para Kasubag dan staf Sekretariat KPU Tana Toraja.

Dalam rapat tersebut, Anggota KPU Tana Toraja yang membidangi Data dan Informasi, Intan Parerungan menyampikan bahwa KPU Tana Toraja  telah melakukan Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 Periode November dengan jumlah pemilih sebanyak 169.552 Pemilih

Dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 86.287 dan pemilih perempuan berjumlah 83.265 yang tersebar di 19 kecamatan dan 159 Kelurahan/Lembang.

"Adapun pemilih tidak memenuhi syarat sebanyak 124 pemilih, pemilih baru 150 pemilih dan ubah data sebanyak 5 pemilih, data tersebut merupakan tanggapan dan masukan dari masyarakat, Disdukcapil Tana Toraja dan Bawaslu Tana Toraja," jelasnya.

Intan menambahkan bahwa jumlah pemilih dalam DPB periode sebelumnya (bulan Oktober) yang ditetapkan pada tanggal 1 November 2021 sebanyak 169.526 pemilih.

Intan juga menginformasikan bahwa masyarakat dapat mengakses DPB dilaman resmi KPU Kabupaten Tana Toraja.

“Hasil rekapitulasi DPB setiap bulannya diumumkan di website https://kab-tanatoraja.kpu.go.id, dengan begitu masyarakat dapat mengakses data yang dimaksud. KPU juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam mengawal hak pilihnya dengan cara memberikan informasi, tanggapan dan masukan terkait Data Pemilih," tutupnya.

Zatil

0 Komentar