Kegiatan Perdana, IKA Manajemen Unismuh Dialog Refleksi Akhir Tahun -->

Kegiatan Perdana, IKA Manajemen Unismuh Dialog Refleksi Akhir Tahun

Jumat, 24 Desember 2021, 13:37


MAKASSAR, Sulselpos.id - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Manajemen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melakukan Dialog Hybrid Seassion.


Mengusung tema “Refleksi Akhir Tahun”, adapun Narasumber yang diundang Dr. H. Andi Jam’an (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Sugianto Pettanagara, Muhammad Ishak Iskandar dan Hasril.


Mengawali kegiatan Laporan Ketua Panitia, Tri Sutrisno menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan.


"Kegiatan ini bertujuan untuk membangun sinergi antara alumni dan Fakultas pada umumnya," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua IKA Manajemen, Agus Hade mengatakan bahwa dialog ini diharapkan menjadi awal mula proses kolaborasi yang kedepannya akan dimaksimalkan program yang bertujuan untuk membesarkan fakultas Ekonomi dan Bisnis pada umumnya dan prodi Manajemen.


"Kolaborasi dimana alumni yang diluar dapat membawa banyak program untuk pembangunan prodi dan fakultas. Begitupun sebaliknya, Fakultas dan prodi harus betul memberikan ruang kepada alumni sebagai support sistem sehingga terciptanya alumni yang berkualitas dan berdaya saing," jelasnya.


Kegiatan dialog ini di desain Hibrid dihadiri kurang lebih 100 orang peserta yang terdiri dari alumni dan dosen di lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar. 


Dialog dibuka oleh Dr. H. Andi Jam’an, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyambut baik kegiatan yang sifatnya membangun dan menjalin kolaborasi antara alumni dan fakultas.


Ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan oleh IKA Manajemen dan sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. 


"Kita di fakultas sangat butuh penguatan alumni dalam proses akreditasi, kita juga membutuhkan data Base alumni karena ini sangat diperlukan maka dari itu saya berharap kepada IKA Manajemen untuk segera mendata alumninya. Yang kedua dari bangunan Fakultas saat ini dapat melihat bahwa 70% sudah di isi oleh alumni kita sendiri," terangnya. 


"Kami di Fakultas sangat menantikan kolaborasi dari alumni dan semoga ini merupakan awal dari pertemuan kita kedepannya, kami sangat terbuka untuk menyambut niat baik dari kegiatan yang akan dilakukan oleh alumni kita," sambungnya.


Sugianto Pettanagara membuka pembicaraan dengan menjelaskan tentang tantangan kondisi hari ini dimana tengah menghadapi keterpurukan kondisi ekonomi baik secara nasional maupun lokal. 


"Kondisi ini tidak dapat dihadapi dengan individualistik, tetapi dengan adanya IKA Manajemen ini kita bisa membangun sinergi dan kerjasama untuk menghadapi tantangan dan hambatan tersebut," ucapnya.


Sebagai mahasiswa manajemen wajib kiranya memiliki Empat Pilar kemandirian dalam membangun dan menghadapi tantangan tersebut adalah :


Pilar SDM yang unggul dan berdaya saing, Pilar Kelembagaan, Pilar Sumber daya, kemampuan Managerial dan pengelolaan administrasi. 


"Sebagai alumni Manajemen kita ini adalah SDM yang unggul dan siap tarung akan tetapi perlu adanya kekuatan kelembagaan yang menjadi support sistem yang dibangun," kata Sugianto.


Lebih lanjut, Dirinya memyampaikN bahwa menjawab mengenai akselerasi sebagai Alumni manajemen, pondasi 4 pilar adalah suatu konsep strategic yang sangat kompetitif, baik dalam dunia usaha dan pekerjaan, tentunya dengan output kemandirian yg unggul.


"Kehadiran konsep 4 pilar yang menjadi konsep strategi kemandirian kita, di barengi pula dengan sebuah penghalang, yakni masalah keegoisan individualisme," lanjutnya.


Selanjutnya, Anto Ishak memberikan gambaran bahwa menjawab Hipotesis di atas, secara harfiah bisa di jawab dengan pola kebersamaan, kemudian dengan membangun mitra kerja dengan pola elaborasi dan sinergitas yg edukatif. Antara IKA Manajemen dan Pihak Fakultas, sehingga potensi dan peluang dapat di raih. 


"IKA Manajemen juga harus hadir dan terlibat langsung dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh fakultas baik kegiatan sosialiasasi, dan mendampingi adek mahasiswa serta terlibat langsung dalam proses seleksi struktural kelembagaan di tingkat Fakultas Ekonomi dan bisnis," tegasnya.


Diakhir diskusi, Wahyu yang bertindak selaku moderator mengatakan acara dialog ini melahirkan beberapa poin yang kedepannya akan langsung di eksekusi dan akan ditindak lanjuti oleh IKA Manajemen.


Haeril

TerPopuler