DEKOPIN Diminta Dukung Penguatan Koperasi dan INKOP TKBM -->

DEKOPIN Diminta Dukung Penguatan Koperasi dan INKOP TKBM

Sabtu, 18 Desember 2021, 21:16

JAKARTA, Sulselpos.id - INKOP Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) sukses melaksanakan Rakornasus yang dihadiri seluruh Koperasi Primer TKBM dan Serikat Pekerja TKBM Seluruh Indonesia.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dimulai dari tanggal 16-17 Desember 2021 di Jakarta.

Dalam sambutannya, Ketua Umum INKOP TKBM, M. Nasir menyampaikan bahwa INKOP TKBM beserta Koperasi TKBM dan Serikat Pekerjaan TKBM se-Indonesia dengan tegas menolak rencana keji Pencabutan SKB 2 Dirjen 1 Deputi terkait Tahun 2011 tentang Penataan dan Pembinaan Koperasi TKBM.

"Alhamdulillah hari ini Rakornasus yang dihadiri 97℅ dari 110 anggota Koperasi Primer TKBM berbagai Pelabuhan dari Sabang, Aceh hingga Merauke, Papua membuktikan bahwa semangat kita sama memperjuangkan Koperasi sebagai soko guru dan wadah mencari rejeki 673 ribu buruh pelabuhan bagi anak dan istri," ucapnya. 

Ditempat yang sama, Ketua Umum Pimpinan Pusat SP TKBM Indonesia, Subhan Hadil menyampaikan bahwa Koperasi TKBM maupun INKOP TKBM sudah sangat lama dan memiliki tanggungjawab yang teruji dalam menangani tanggungjawab operasional TKBM, melayani anggota maupun keluarganya selama ini. 

"Jadi sangat perlu diberi dukungan dari berbagai pihak khususnya Perlu Ketegasan Dukungan dari Kementrian Koperasi dan Dewan Koperasi Nasional (DEKOPIN) agar turut serta dengan sungguh-sungguh  menolak pelemahan maupun menghapus peran keberadaan Koperasi TKBM dan INKOP TKBM di Pelabuhan dari niatan keji rencana beberapa pihak yang di duga merupakan sindikasi mafia monopoli pelabuhan," pungkasnya. 

Diketahui bahwa beredar isu bahkan indikasi telah disiapkannya draft Perpres yang akan mencabut SKB tersebut konon sudah siap di tandatangani. 

"Untuk itu seluruh TKBM se-Indonesia telah menyiapkan langkah upaya hingga langkah yang paling ekstrim jika dipaksakan pencabutan SKB tersebut," tutupnya.

Hijriana

TerPopuler