Kepala Dispusip Sulsel Resmikan Taman Baca dan Rumah Qur'an -->

Kepala Dispusip Sulsel Resmikan Taman Baca dan Rumah Qur'an

Selasa, 30 November 2021, 15:39

MAKASSAR, Sulselpos.id - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi Sulawesi Selatan, Muh. Hasan meresmikan Taman Baca dan Rumah Qur'an Insan Kamil.

Kegiatan ini sekaligus peletakan batu pertama Rumah Tahfidz di Jalan Minasakarya No 14, Kecamatan Karunrung, Kelurahan Rapocini, Senin (29/11/21). 

Salah satu alasan berdirinya Taman Baca dan Rumah Qur'an Insan Kamil ini sebagai pengenalan literasi sejak dini bagi anak menjadi hal yang perlu diperhatikan dimana anak usia dini merupakan masa terbaik dalam proses pembentukan karakter.

Hj. Syamsinar yang merupakan pendiri Taman Baca dan Rumah Qur'an Insan Kamil  mengungkapkan awal berdirinya Taman Baca tersebut. 

Awalnya tempat ini merupakan Titik Baca dimana anak-anak berkumpul bermain dan membaca buku-buku, memasuki tahun ke 2 berkiprah ditengah-tengah masyarakat Titik Baca berganti nama menjadi Taman Baca dan Rumah Qur'an Insan Kamil.

"Mencoba kedepannya tidak hanya meyediakan sarana melainkan terus mampu mengembangkan masyarakat khususnya pada RW 09 Kelurahan Karunrung. Nantinya Insyallah juga akan dibangun Rumah Tahfidz," ungkapnya. 

Taman Baca Insan dan Rumah Qur'an Insan Kamil ini aktif memberikan edukasi bagi anak juga pada masyarakat setempat dengan mengadakan berbagai aktivitas pendidikan Al-Quran juga berbagai kegiatan kesenian. 

Menanggapi hal tersebut Muh. Hasan merespon positif hadirnya Taman Baca dan Rumah Qur'an Insan Kamil dan berharap apa yang menjadi niat tulus mencerdaskan anak juga masyarakat dapat diaktualisasikan. 

"Kalau ada hal yang seperti ini jangan pernah putus harapan, karna kerja kita dalam dunia literasi adalah hal yang abtrak, tetapi hasilnyalah yang menjadi tolak ukur," jelasnya.

Lebih lanjut, Dirinya menyampaikan bahwa ketika anak-anak muda yang kecil ini (Anak binaan Taman Baca yang usai memberikan persembahan Tilawah Al-qur'an pada awal pembukaan acara).

"Dia tumbuh dan berkembang serta bisa bernilai bagi bangsa dan negara itu adalah hasil dari kerja kita," tuturnya. 

Turut dihadiri Plt Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh A. Anisa dan Lurah Karunrung Fandy Wiranto Iqbal Hafid.

Haeril

TerPopuler