Hadiri Pencanangan KSB, Wabup Sinjai Bentuk Dua Kawasan Siaga Bencana -->

Hadiri Pencanangan KSB, Wabup Sinjai Bentuk Dua Kawasan Siaga Bencana

Kamis, 18 November 2021, 16:54

SINJAI, Sulselpos.id - Mewakili Bupati Sinjai, Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong menghadiri Pencanangan Kawasan Siaga Bencana (KSB) Provinsi Sulawesi Selatan.

Dimana dirangkaikan dengan Apel Pengukuhan Kampung Siaga Bencana Berbasis Kawasan Kecamatan Sinjai Tengah dan Sinjai Barat di Lapangan Lappadata, Kelurahan Samaenre, Kecamatan Sinjai Tengah, Kamis (18/11/21).

Pencanangan Kawasan Siaga Bencana ini ditandai dengan pemukulan gentongan yang dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis bantuan isi lumbung sosial oleh Kepala BPBD Sulawesi Selatan.

Didampingi Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial RI yang diwakili oleh Kepala Seksi Kesiapsiagaan Sumber Daya Indra Bismatara.

Selain itu, Plt. Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kepala BPBD Sulawesi Selatan, Drs. Muhammad Firda, bertindak sebagai pembina Apel yang juga sekaligus mengukuhkan para pengurus Kampung Siaga Bencana.

Dalam sambutannya Bupati Sinjai yang dibawakan Wabup Sinjai menuturkan bahwa kampung siaga bencana ini dilaksanakan berdasarkan arahan Permensos Nomor 128 Tahun 2011 tentang kampung siaga bencana, dengan maksud untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan resiko bencana.

Dengan cara menyelenggarakan kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada pada lingkungan setempat.

"Dalam pencanangan ini, dibentuk 2 kawasan siaga bencana di Kabupaten Sinjai yaitu kecamatan Sinjai Tengah dan kecamatan Sinjai Barat yang terdiri dari 8 desa," tuturnya.

Wabup berharap semua pihak berpartisipasi, baik itu dari pemerintah daerah, pemerintah desa dan masyarakat, untuk bersinergi dan berkolaborasi.

"Melakukan langkah konkrit dan realistis sehingga mampu mengantisipasi kemungkinan dampak terburuk dari kejadian bencana di Kabupaten Sinjai," jelasnya.

Dalam pencanangan KSB ini juga digelar Simulasi Uji Standar Operasional KSB yang turut disaksikan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan diantaranya Kabupaten Gowa, Takalar, Soppeng, Bantaeng, Luwu dan Bulukumba, Kepala Dinas Sosial Sulsel Drs H Andi Irawan Bintang, Para Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan dan Ketua Tagana Pusat beserta jajarannya.

Zatil

TerPopuler