Dua Medali Disabet Santri Pondok Pesantren Al Hidayah Kaduaja di OSSN Tingkat Nasional 2021 -->

Dua Medali Disabet Santri Pondok Pesantren Al Hidayah Kaduaja di OSSN Tingkat Nasional 2021

Selasa, 09 November 2021, 13:35

TANAH TORAJA, Sulselpos.id - 2 Santri Pondok Pesantren Al Hidayah Kaduaja catat Sejarah pada Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN) Tingkat Nasional Tahun 2021. 

Dua Santri Ponpes Al-Hidayah Kaduaja Kabupaten Tana Toraja berhasil menyabet dua medali sekaligus yaitu satu medali emas dan satu perak dalam ajang bergengsi Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN) SMA/MA tingkat nasional tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional secara daring, Minggu (07/11/21).

Adapun medali yang diraih yaitu medali emas pada bidang studi Fisika dan Ismawati Sabar yang berhasil meraih medali perak bidang studi Biologi. 

Ramadan Tallao adalah putra kandung dari Baharuddin Doli/Nuryani Deri, sementara Ismawati Sabar adalah putri kandung Sabar /Radia. Keduanya adalah Santri Madrasah Aliyah Swasta Kaduaja kelas XII IPA.

Kepala MAS Kaduaja, Awal Sukry mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan anak didik melalui OSSN di tingkat nasional. 

"Prestasi kali ini menjadi bukti dari kesungguhan para civitas MAS Kaduaja dalam membentuk para Santri berprestasi dan memiliki akhlak yang mulia," turur Awal Sukry 

Awal Sukry berharap keberhasilan kedua santri meraih medali emas dan perak pada OSSN tahun ini, menjadi motivasi bagi Santri lainnya untuk meraih prestasi terbaiknya, terkhusus para guru-guru dalam memberikan bimbingan kepada para Santri tanpa mengharap imbalan. 

Awal Sukry tak menampik medali emas dan perak OSSN tingkat nasional merupakan salah satu impiannya sejak dahulu, setelah selama ini selalu kandas dan maksimal hanya mampu menyabet medali perak.

"Keberhasilan yang diperoleh Santrinya itu, tidak terlepas dari campur tangan Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Selatan dan Kemenag Tana Toraja khususnya Kepala Seksi Pendidikan Islam Suardi Sidik yang terus memberikan dukungan dan motivasi dalam hal kemajuan pendidikan di Kabupaten Tana Toraja khususnya di MAS Kaduaja," ujarnya, Selasa (09/11/21) pada awak media.

Pada ajang OSSN tingkat Nasional tahun 2021, Ponpes Al Hidayah Kaduaja melalui MAS Kaduaja berhasil meloloskan 5 santri mewakili Sulawesi Selatan di Tingkat Nasional.

5 Santri masing-masing pada bidang Matematika atas nama Nursyamsi, Irmawati pada bidang Komputer dan Ekonomi, Hikmawanti pada bidang Ekonomi, Komputer, dan Fisika, Ramadhan Tallao pada bidang Matematika dan Fisika, Ismawati pada bidang Biologi. 

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hidayah Kaduaja Safruddin mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh para santri, dan terlebih kebanggaan itu dikarenakan berhasil meraih dua medali

Safruddin berharap prestasi yang diperolehnya saat ini dapat lebih ditingkatkan lagi ke depan. 

"Saat ini MAS Kaduaja memiliki fasilitas yang masih kurang memadai, ruang kelas yang tersedia hanya 4 ruang kelas sementara rombel yang ada 6 rombel, Begitupun dengan tenaga pendidik berjumlah 13 dan hanya 1 PNS (Kepala Madarasah)," bebernya.

Lebih lanjut Safruddin menyampaikan keluarga besar Ponpes Al Hidyaha Kaduaja berharap prestasi kedua santri dapat menginspirasi santri yang lain, baik di bidang akademis maupun di bidang apapun yang diminati.

“Sifat tidak mudah menyerah, gigih menekuni dan mengembangkan diri di bidang yang diminati kiranya dapat diteladani. Serta semoga prestasi ini juga dapat menjadi bekal untuk semakin maju dan menjadi berkat bagi banyak orang," tutur Safruddin.

Sementara itu Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Tana Toraja, Suardi Sidik pada saat dihubungi via telepon terkait laporan santri yang mengikuti kegiatan OSSN menyampaikan apresiasinya. 

“Tentu kami mengapresiai atas kerja keras dan cerdas dari teman-teman guru dalam membimbing siswa, dan semangat siswa yang luar biasa mampu bersaing dikanca nasional ditengah keterbatasan, sarana prasarana, contohnya RKB yang kurang, laboratorium IPA guru dan siswa memanfaatkan alam terbuka," katanya 

Lebih lanjut dia mengatakan "Selamat semoga kedepan lebih di tingkatkan lagi, wujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi," tutup Suardi Sidik.

Hijriana


TerPopuler