Antisipasi Fenomena La Nina, Kapolres Sinjai Pimpin Apel Siaga -->

Antisipasi Fenomena La Nina, Kapolres Sinjai Pimpin Apel Siaga

Senin, 08 November 2021, 10:35

SINJAI, Sulselpos.id - Pemerintah Kabupaten Sinjai melangsungkan apel siaga gelar pasukan dan peralatan mengantisipasi fenomena La Nina Tahun 2021.

Kegiatan yang bertempat di Halaman Kantor Bupati Lama Sinjai, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara, Senin (8/11/21).

Apel dipimpin oleh Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan dimana Apel siaga menghadirkan berbagai instansi terkait dan relawan yang selama ini terlibat dalam penanganan bencana.

Pada kegiatan tersebut, Kapolres Sinjai membacakan sambutan Bupati Sinjai yang intinya menyampaikan bahwa apel gelar pasukan dan peralatan penanggulangan bencana ini, mempunyai arti penting dan strategis.

Selain menjadi refleksi akan daya tanggap dan kesiagaan mengantisipasi setiap bentuk potensi ancaman, kegiatan apel juga sebagai memanifestasikan kesiapan untuk menangani segala bentuk kejadian bencana, khususnya ancaman bencana alam hidrometereologi akibat La Nina.

"Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menyampaikan peringatan dini tentang fenomena La Nina yang diperkirakan terjadi sejak Oktober 2021 hingga Februari 2022 dengan segala kemungkinan dampak dan akibatnya," jelasnya.

Peringatan dini BMKG itu, menjadi seruan dan panggilan alam untuk hadir dengan satu persepsi, dalam satu barisan yang solid, pada komitmen yang sama untuk terus melangkah.

"Menapak jalur pengabdian dan tanggung jawab bersama untuk memberikan pelayanan, keamanan perlindungan dan keselamatan terhadap seluruh warga masyarakat dan setiap jengkal wilayah daerah kita," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Sinjai, AKBP Iwan Irmawan menyampaikan bahwa Apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Pemkab Sinjai.

Polri beserta unsur terkait dalam rangka antisipasi bencana alam, dengan harapan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Apel siaga ini diselenggarakan dengan tujuan agar ada sinergi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko terjadinya bencana alam. Meski demikian, kita tentunya berharap agar tidak ada bencana yang terjadi di Kabupaten Sinjai,” katanya.

Diperlukan perhatian serta antisipasi bersama dalam menghadapi fenomena La Nina yang berpotensi terjadinya bencana alam, seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor dan bencana alam lainnya.

"Mari kita saling bahu membahu dan bekerjasama serta antisipasi dengan baik apabila terjadinya bencana alam di kabupaten Sinjai," ujar Kapolres Sinjai.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Sinjai mengajak peran serta seluruh komponen masyarakat dalam penanggulangan dan pencegahan terjadinya bencana.

“Dalam penanggulangan dan pencegahan bencana ini, tidak bisa dilakukan dengan sendiri, olehnya itu kita butuh dukungan dan peran serta dari seluruh komponen masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir, mewakili Bupati Sinjai, Kajari Sinjai Ajie Prasetya, Asisten I Setdakab Sinjai Andi Zainal Arifin Nur, Kadis Perhubungan Andi Irwan Syahrani Yusuf, Kasat Pol.PP, Damkar Agung Budi Prayogo, Kepala BPBD Sinjai Drs. Budiaman, para Kapolsek jajaran Polres Sinjai, Danramil 05 Sinjai Selatan Kapten Inf. Yambo dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Haeril

TerPopuler