Tim Dosen FKM UMI Lakukan Pengabdian Kepada PKK Desa Sanrobone -->

Tim Dosen FKM UMI Lakukan Pengabdian Kepada PKK Desa Sanrobone

Jumat, 15 Oktober 2021, 21:28

TAKALAR, Sulselpos.id - Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan peningkatan produktivitas masyarakat melalui pengolahan pudding jagung di Desa Sanrobone, Kabupaten Takalar.

Kegiatan ini melibatkan tim pengabdi Dr. Sumiaty selaku Ketua dan Dr. Arni Rizqiani Rusydi sebagai anggota, merupakan dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Sebelum dilaksanakan, tim pengabdi telah melakukan sosialisasi dan survei lokasi guna menentukan permasalahan mitra.

Dalam hal ini adalah PKK yang belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam mengolah jagung menjadi pudding.

Sebagai bahan makanan tambahan yang memiliki nilai gizi yang tinggi dan juga dapat memberikan nilai ekonomis.

Menurut Dr. Sumiaty, pengolahan puding jagung penting untuk dilakukan oleh masyarakat Desa Sanrobone khususnya PKK.

Sebagai bahan olahan makanan alternatif yang bahan dasarnya juga banyak dihasilkan di daearah Kabupaten Takalar yaitu jagung. 

"Jagung yang telah diolah dalam bentuk puding dapat dijadikan makanan tambahan atau makanan sampingan bagi balita karena banyak mengandung protein dan karbohidrat sehingga memiliki kandungan gizi yang tinggi," ucapnya, Jumat (15/10/21).

Sementara itu, Dr. Arni Rizqiani Rusydi menyampaikan antusias PKK sangat jelas terlihat, baik pada saat penyuluhan berlangsung maupun saat praktek pembuatan puding jagung. 

"Mereka juga sangat memperhatikan pre dan post test yang diberikan," ungkap Dr. Arni.

Kepala Desa Sanrobone, Patahuddin mengatakan kegiatan pengabdian ini hendaknya tidak hanya pada pertemuan ini saja.

"Akan tetapi dapat di aplikasikan di lingkungan keluarga dan masyarakat sebagai wujud pemberdayaan masyarakat khususnya PKK Desa Sanrobone ini," jelasnya.

Pada akhir kegiatan dilakukan penyerahan plakat dan foto bersama dengan seluruh peserta yang hadir pada kegiatan pengabdian ini. 

Turut hadir, Kepala Desa Sanrobone dan diikuti oleh 20 PKK serta para staf Kantor Desa.

Haeril

TerPopuler