Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) di Era Digital -->

Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) di Era Digital

Senin, 11 Oktober 2021, 14:29

OPINI, Sulselpos.id - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat dan membawa dunia di era yang lebih maju atau era digital.

Transformasi digital yang berlangsung saat ini mempengaruhi semua sektor. Di era percepatan digital ini termasuk sektor industri harus mampu beradaptasi.

Dampaknya adalah terjadi suatu perubahan pola bisnis dari model bisnis yang lama menjadi model bisnis yang baru. 

Seiring dengan kemajuan zaman maka setiap perusahaan harus mampu menangkap peluang yang ada dan mampu bersaing serta menjawab kebutuhan konsumen.  

Sumber daya manusia memiliki peran yang sangat penting dalam organisasi / perusahaan dimana sumber daya manusia merupakan aset atau modal utama perusahaan (Human Capital). 

Peran sumber daya manusia bagi perusahaan tidak hanya dinilai dari hasil produktivitas kerja saja tetapi dapat dilihat dari kualitas kerja yang dihasilkan.

Keunggulan daya saing perusahaan ditentukan oleh daya saing sumber daya manusianya. 

Semakin unggul kualitas sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan maka akan semakin kuat pula daya saing perusahaan tersebut. 

Untuk saat ini yang menjadi tantangan bagi perusahaan adalah penguatan pengelolaan manajemen sumber daya manusianya, sebagai salah satu elemen yang utama pada perusahaan dimana sumber daya manusia memerlukan sistem manajemen yang baik. 

Melalui manajemen SDM, perusahaan bisa melakukan pengembangan tenaga kerja dan bertanggung jawab baik secara etis, strategis dan sosial. 

Oleh kerena itu perusahaan perlu melakukan investasi dengan melakukan peningkatan kualitas SDMnya meliputi kompetensi, skill, pengetahuan, kreativitas, inovasi serta loyalitas melalui pelatihan, coaching dan mentoring. 

Sehingga perusahaan mampu memunculkan talenta-talenta unggul dan profesional yang bisa bersaing dengan SDM lainnya.

Penulis : Isal Anwar Hasan 
(Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Doktor Ilmu Manajemen UMI Makassar)

Tulisan Tanggung Jawab Penuh Penulis

TerPopuler