Raja Gowa Hadiri Acara Pentas Seni Kampung Sero


GOWA, Sulselpos.id - Raja Gowa XXXVIII, Andi Kumala Idjo Dg Sila Kareng Lembang Parang beserta rombongan menghadiri acara pentas Seni Bori Parasanganta Kampung Sero di Jalan Karaeng Sero Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Senin (27/09/21).

Pada kesempatan tersebut, Andi Kumala Idjo Dg Sila Karaeng Lembang Parang dalam sambutannya menyampaikan upaya pelestarian seni dan budaya harus semakin meningkat tahun demi tahun, harapan besar bersama menjadi seni dan budaya harus lebih ditingkatkan.

"Keinginan besar tidaklah cukup dengan berfikir seperti membalikkan tangan, perlu kerja keras dan saling mendukung satu sama lain baik seniman, masyarakat dan pemerintah. Dengan demikian seni dan budaya di Kampung Sero bisa maju dan berkembang untuk kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, Ketua Panitia, Sandi Dg Genda menyampaikan kepada warga yang ikut meramaikan acara tersebut agar tetap menjalankan protokol kesehatan karena masih dalam Covid-19 utamanya memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak demi menjaga budaya yang hampir punah.

"Pada kegiatan tersebut terselenggara dengan sangat meriah, dimana salah satu lembaga pelestari adat dan budaya SIPAKALABBIRI yang di bina oleh saudara Garancing Dg Gassing ikut memeriahkan acar tersebut dengan menampilkan silat balira dan sitobo lalang lipa," ujarnya.

Selanjutnya pelaksanaan seni adat dan budaya yang dirangkai dengan acara tersebut merasa terhibur dengan hadirnya Mastro Gendang Makassar Serang Dakko yang begitu bersemangat dalam mengisi acara tersebut.

"Semoga kedepannya generasi muda semakin mendalami tentang pentingnya adat dan budaya sehingga dapat melestarikan tanpa melupakan sejarah," tutupnya.

Diketahui turut hadir menampilkan pentas seni-seni lain dari berbagai macam adat dan budaya diantaranya Aru tubarani, Tari padduppa, Tari pakkurrusumanga, Tari pakarena samborina, Tari pepe'peka rimakka, Tari 2 etnis, Tari galang kacir, Musik klasik puisi, Pakacaping, Gambus, Paddekko dan Paraga. 

Haeril

0 Komentar