Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Personil Sat Lantas Polres Gowa Ajak Pengendara Henin Cipta -->

Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Personil Sat Lantas Polres Gowa Ajak Pengendara Henin Cipta

Selasa, 17 Agustus 2021, 13:39

GOWA, Sulselpos.id - Untuk mengenang detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 jajaran kepolisian Resor Gowa secara serentak menghentikan kendaraan yang melintas kemudian mengarahkan seluruh masyarakat melakukan hening cipta selama 5 menit, Selasa (17/8/21).

Nampak melalui pantauan awak media, personil Sat Lantas Polres Gowa melakukan penghentian kendaraan secara serentak namun ini tidak hanya dilakukan di Kabupaten Gowa tapi di seluruh Indonesia. Untuk di wilayah Indonesia tengah khususnya di kabupaten Gowa dimulai pada pukul 11.15 WITA hingga pukul 11.20 WITA .

Penghentian kendaraan ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT RI ke-76 khususnya di saat akan mengenang detik-detik Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Para pengendara roda dua maupun roda empat hingga pejalan kaki dihentikan sementara kemudian dihimbau menghentikan aktivitas lalu   diarahkan untuk melakukan hening cipta sejenak.

Langkah ini dilakukan, agar rasa nasionalme warga negara tidak luntur sekaligus untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur saat berjuang meraih kemerdekaan republik Indonesia 76 tahun silam.

"Para petugas yang berada di penggal penggal jalan rasa bersyukur karena seluruh masyarakat khususnya para pengguna jalan secara spontan menghentikan kendaraan lalu mengheningkan cipta. Ada yang mengheningkan cipta di atas kendaraan ada juga yang berdiri dengan sikap sempurna di samping kendaraan," ujar Kasubbag humas Polres Gowa KP. M. Tambunan siang tadi Selasa (17/8/21).

Terpisah Kapolres Gowa mengatakan  penghentian kendaraan dan hening cipta ini dilakukan secara serentak sebagai wujud untuk menghargai dan menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului

"Jadi hening cipta pagi tadi tidak hanya dilakukan di kota Sungguminasa namun hingga ke tingkat kecamatan," ujar AKBP Tri Goffarudin. 

Pardi

TerPopuler