Babinsa Koramil 1801-01/Kota Ajak Warga Sanggeng Kibarkan Bendera Merah Putih -->

Babinsa Koramil 1801-01/Kota Ajak Warga Sanggeng Kibarkan Bendera Merah Putih

Senin, 16 Agustus 2021, 12:40

MANOKWARI, Sulselpos.id — Momen hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia bagi seluruh warga negara adalah suatu peristiwa sejarah dimana dalam memperjuangkan dilalui dengan perjuangan dan pengorbanan jiwa dan raga para Pahlawan.

Hal inilah yang mendorong Danpos Manokwari Barat dan Para Babinsa dari Koramil 1801-01/Kota untuk mengajak para warga binaannya untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di depan rumahnya masing-masing di Kelurahan Sanggeng Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Senin (16/08/21).

Dari informasi yang diterima Danramil 1801-01/Kota Kodim 1801/Manokwari, Mayor Inf Dalizatulo Mendrofa mengatakan bahwa melalui momen inilah peran utama seorang Babinsa sangat diharapkan untuk mengajak warganya agar menghargai jasa para pahlawan dalam mempertahankan NKRI.

“Tanggal 17 Agustus adalah hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia, oleh sebab itu saya sebagai Danramil dan mengajak Masyarakat agar warga wajib mengibarkan Bendera Merah Putih di rumahnya masing-masing,” jelas Mendrofa.

“Dengan mengibarkan Bendera Merah Putih di hari Kemerdekaan, akan memberikan contoh kepada generasi bangsa agar dapat mengenang jasa para pahlawan kita dalam merebut dan memerdekakan Bangsa Indonesia dengan pengorbanan jiwa dan raganya,” tambahnya.

Senada dengan itu, Ketua Karang Taruna Sanggeng, Robert Kambu menyampaikan bahwa Sangggeng yang terletak di distrik Manokwari terkenal sebagai daerah texas  kriminal selama terjadi di Manokwari, Namun kenyataanya tidak tidak seperti itu.

"Malah kenyataan antusias masyarakat Sanggeng mengibarkan bendera merah putih dan pemasangan umbul-umbul dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 76," ungkapnya.

Kali ini tahun kedua rakyat Indonesia akan memperingati hari Kemerdekaan di tengah Pendemi Covid-19. Walau peringatan dan kemeriahan tidak seperti tahun sebelumnya, masyarakat dan Babinsa dari Koramil 1801- 01/Kota Manokwari tetap semangat bergotong royong mengibarkan bendera merah putih. 

Selanjutnya Robert Kambu mengungkapkan warga Sanggeng mendukung HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun.

"Maka kami warga Sanggeng Antusias memasang umbul- umbul bendera merah putih menyambut HUT Kemerdekaan. Karena kami bagian dari negara Kesatuan republik Indonesia," kata Robert. 

Sementara itu, Komandan Pos Manokwari Barat Koramil 1801-01/Kota, Pelda Said Wali mengatakan merasa bangga antusias warga binaannya di Kelurahan Sanggeng yang di mana identik dengan kekerasan dan kriminal.

"Ternyata tidak seperti itu, saya merasa bahagia warga merayakan hari Proklamasi Kemerdekaan ke-76 dan sangat antusias mengibarkan bendera merah putih.
Karena mereka ini sadar bagian dari warga Negara Kesatuan Republik Indonesia," tandasnya.

Haeril

TerPopuler