Sinergitas TNI-Polri dan Pemda Fakfak Dalam Patroli Penegakan Prokes -->

Sinergitas TNI-Polri dan Pemda Fakfak Dalam Patroli Penegakan Prokes

Senin, 05 Juli 2021, 12:07

FAKFAK, Sulselpos.id - Kodim 1803/Fakfak  bersama Denpom, Polres Fakfak, Satpol PP, BPBD, Dishub dan Nakes melaksanakan patroli bersama untuk mendisiplinkan protokol kesehatan pada masa PPKM skala mikro sebagai darurat imbangan diwilayah Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat, Senin (05/07/21).

Patroli ini dipimpin langsung oleh Pasiops Kodim 1803/Fakfak, Kapten Inf Ali dengan kekuatan saat pengecekan apel kurang lebih 100 orang. Dimana sasaran Operasi yang digelar adalah kerumunan masyarakat di pusat-pusat keramaian, pasar Sebrang, pasar Kelapa dua, pasar Tanjung Wagom, pasar Torea dan rumah makan.

"Kami ke titik-titik keramaian tempat nongkrong anak-anak muda dan mangkal ojek," kata Pasiops.

Lanjut, Pasiops menginstruksikan anggotanya melaksanakan tugas secara persuasif dan humanis. 

"Kami beri pengertian agar membubarkan diri, tidak berkerumun," jelasnya.

Sementara itu, Dandim 1803/Fakfak, Letkol Inf Doddy Yudha mengatakan tujuan patroli gabungan ini adalah menekan angka penularan Covid-19 dengan mendisiplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Salah satu bentuk penularan yakni dengan berkerumun dan tidak menerapkan prinsip 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak fisik.

"Tujuan patroli ini untuk memberikan arahan kepada masyarakat agar disiplin dan mematuhi protokol kesehatan. Termasuk membubarkan aktivitas warga yang berkerumun," kata Doddy

Tidak didata berapa banyak pelanggaran protokol kesehatan yang ditemukan dalam patroli bermotor itu. Petugas lebih mengedepankan langkah persuasif memberikan imbauan dan teguran serta pembubaran.

Langkah ini, kata Doddy dilakukan agar masyarakat bisa meningkatkan disiplinnya terhadap protokol kesehatan, supaya menekan dan mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah kabupaten Fakfak

“Untuk mendisiplinkan masyarakat, kami harus patroli setiap saat, sambil menegur masyarakat agar selalu mengenakan masker dan tidak berkerumun," tutupnya.

Haeril

TerPopuler