Tercatat dalam Sejarah, Banyak Tokoh Negeri Lahir di Kabupaten Bone

 


Opini, Sulselpos.id--- Hari Jadi Kabupaten Bone ke 691 tercatat dalam sejarah banyak tokoh negeri lahir dari sana. Salah satunya Muhammad Jusuf Kalla atau JK yang tak lain adalah mantan Wakil Presiden Republik Indonesia ke 10 dan 12. 


Selain JK, ada banyak tokoh lainnya. Seperti Amran Sulaiman Mantan Menteri Pertanian RI dan Jenderal Bintang Satu. Putra daerah Bone yang pernah mendapat medali Kepoloporan dari Presiden RI. Laksma Abdul Rivai Ras. Sebuah medali prestisius yang pernah diterima Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarno Putri. 


Abdul Rivai Ras atau akrab di sapa Bro Rivai, memaknai hari jadi bone sebagai bagian dari pelajaran dan momentum menghargai sejarah Kabupaten Bone. 


“Mari kita belajar dari sikap mulia dan kepribadian leluhur kita dulu, lalu renungkan, dan jadikan inspirasi bagi pengabdian kita dalam aktualisasi budaya bangsa dan kearifan lokal,” ungkapnya. Selasa (6/4/21). 


Lanjut Rivai, mengatakan bahwa Melalui nilai-nilai sumange teallara sebuah diksi bugis yang sarat makna. Maka semestinya kita semua patut mengapresiasi sejarah peradaban Kabupaten Bone dan pelajaran kehidupan yang pernah terjadi,


“Kalimat Siatting lima, sitonra ola, tessipano adalah ciri khas sikap leluhur kita dulu. Belajarlah pada semut yang selalu berjalan beriringan dan tidak saling menjatuhkan agar terus merawat harmoni dalam keberagaman sosial budaya demi persatuan dan kesatuan,” bebernya. 


Hari jadi Kabupaten Bone saat ini mengusung tema "ya tutu ya upe, Ya capa ya cilaka" yang dalan transliterasi bahasa Indonesia dapat diartikan "Yang berhati-hati yang beruntung, yang gegabah yang celaka". Kuncinya.


Anthy

0 Komentar