Peringati 1 Muharram 1446 Hijriah, Pengurus Nahdlatul Ulama Sinjai Lakukan Ini


SINJAI, Sulselpos.id - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) melaksanakan kegiatan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijiriah di Halaman Mesjid Muttahidah Tokinjong, Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara. Sabtu, (7/7/2024) malam kemarin.

Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan jemaah Nahdliyyin dan undangan yang ada di Kabupaten Sinjai.

Sejumlah kegiatan dilaksanakan dalam peringatan ini seperti Tauziah, dzikir dan doa bersama, hiburan rebana penampilan dari At-taubah.

Ketua Panitia pelaksana, Haris, mengatakan peringatan tahun baru islam ini mengusung tema “Reaktuliasai  Spirit  Keberislaman  dalam Bingkai Ahlussunnah  Wal Jamaah  Melalui Momentum Tahun Baru Islam 446 Hijiriah”. 

"Pergantian tahun baru Islam adalah momentum yang tepat untuk memperbaiki kehidupan. Sebab hitungan tahun Hijriah dimulai pada peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah menuju Madinah," kata Haris.

Pengurus Cabang NU Kabupaten Sinjai yang diketuai Drs. H Musran Mustafa mengatakan momentum Tahun Baru Islam ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk introspeksi dan berbenah diri (Muhasabah).

“Sebagai umat Islam sudah sepantasnya kita memaknai Tahun Baru Islam untuk bermuhasabah atas pencapaian dan kekurangan yang telah dilewati,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia berharap agar diawal tahun baru islam ini, kita semua dapat berbenah diri dan menjadi yang lebih baik lagi. 

Sementara itu, Andi Mandasini mewakili PJ Bupati Sinjai dalam sambutannya menyampaikan bulan muharram adalah bulan istimewa, karena pada bulan muharram adalah bulan terdapat berbagai peristiwa penting dalan sejarah islam seperti peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari mekkah ke madinah.

“Jadi peristiwa ini merupakan peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah awal islam. hijrah Nabi mengajarkan kepada kita tentang pentingnya pengorbanan, keteguhan iman, dan semangat untuk membangun kehidupan yang lebih baik,” sebutnya. 

Untuk itu kata dia, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan momen tahun baru islam ini sebagai titik awal untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. 

Peringatan tahun baru Islam ini juga diisi dzikir dan doa bersama serta ceramah oleh Muhlis Muhrim.

Turut hadir Forkopimda, Kepala.Rutan Kelas II B Sinjai, Camat Sinjai Utara, Lurah Se Kecataman Snjai Utara, Badan otonom NU, Tokoh NU Komunitas Pendakwa Keren (KPK) Sinjai serta undangan lainnya.

Wiwi

0 Komentar