LPM Penalaran UNM Gelar Pembukaan Kegiatan PPK Ormawa di Kelurahan Romanglompoa


GOWA, Sulselpos.id - Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM) meluncurkan kegiatan PPK Ormawa LPM Penalaran UNM.

Kegiatan ini berlangsung di Kelurahan Romanglompoa, Kabupaten Gowa, Kamis (04/06/24). 

Acara ini dibuka secara resmi oleh Bobby Poerwanto selaku tim Monitoring dan Evaluasi PPK Ormawa Universitas Negeri Makassar dengan narasi simbolik sebagai bentuk dukungan untuk kelangsungan program PPK Ormawa yang berkelanjutan.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh berbagai pejabat kelurahan, tim monitoring dan evaluasi PPK Ormawa Universitas Negeri Makassar, dosen pendamping, tim pelaksana, dan peserta sekolah perempuan. 

Ketua tim pelaksana PPK Ormawa, Azidsul menjelaskan Kelurahan Romanglompoa dipilih sebagai mitra oleh Tim PPK Ormawa LPM Penalaran UNM untuk menjalankan program pengabdian masyarakat dengan tujuan mencegah terjadinya perkawinan anak. 

Program ini diberi judul “Program Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) bagi Kelompok Remaja Perempuan untuk Mencegah Terjadinya Perkawinan Anak di Kelurahan Romanglompoa”.

Dijelaskan, PPK Ormawa LPM Penalaran UNM adalah inisiatif organisasi kemahasiswaan LPM Penalaran UNM yang didanai oleh Kemenristekdikti. 

“Kami memiliki beberapa program, antara lain kelas keterampilan/pengetahuan dasar, komunikasi asertif, perencanaan karir dan motivasi bersekolah, serta kesehatan reproduksi dengan jumlah peserta sebanyak 48 orang," jelasnya.

Menurut dosen pembimbing, Yusri pelaksanaan kegiatan ini akan berlangsung selama tiga bulan. 

“Harapannya, kegiatan ini bisa berkolaborasi antara mahasiswa dengan masyarakat dan peserta  sehingga bisa mencegah terjadinya perkawinan anak di Kelurahan Romanglompoa,” katanya.

Bobby Poerwanto mengemukakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan berskala nasional, dan diharapkan kepada tim pelaksana PPK Ormawa tetap mematuhi adat istiadat setempat dalam pelaksanaan program.

Terakhir, Prof. Ir. H. Bakhrani A Rauf memberikan penguatan kepada tim pelaksana. 

"Semoga kegiatan ini bisa sampai ke abdidaya, dan diharapkan program ini tidak selesai sampai disini, melainkan terdapat keberlanjutan setelah program ini selesai," tuturnya.

Tim PPK Ormawa LPM Penalaran UNM berharap agar masyarakat Kelurahan Romanglompoa dapat mendukung penuh serta berkontribusi dalam merealisasikan program-program yang ada. 

“Kami berharap program-program PPK Ormawa LPM Penalaran UNM dapat terlaksana sebagai bentuk realisasi pengabdian dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Makassar," ujar Azidsul.

Haeril

0 Komentar