Kasus Pelecehan Seksual Seorang Ibu Terhadap Anak Kandungnya

                    Gambar Ilustrasi

OPINI, Sulselpos.id - Ibu di Tangsel Mengaku Dijanjikan Rp15 Juta untuk Buat Video Asusila Terhadap Anaknya, pada tanggal 28 Juli 2023 sekitar pukul 18:00 WIB, Tersangka R dihubungi oleh seseorang di media social Facebook dengan nama akun Icha Shakila yang menawarkan pekerjaan kepada tersangka. 

Kemudian pemilik akun Facebook Icha Shakila (DPO) membujuk tersangka untuk mengirimkannya foto-foto tanpa busana dengan iming-imingan akan diberikan imbalan sejumlah uang yang jumlahnya lumayan besar. 

Karena pada saat itu tersangka sedang dalam kondisi desakan kebutuhan ekonomi, tanpa berfikir panjang tersangka R mengirimkan foto-foto tanpa busana miliknya kepada pemilik akun Facebook Icha Shakila.
 
Setelah tersangka mengirimkan foto-foto tanpa busana miliknya tepatnya pada tanggal 30 juli 2023 sekiranya pada pukul 18:25 WIB, tersangka R diminta untuk membuat video dengan gaya dan scenario yang sebelumnya sudah dipersiapkan oleh pemilik akun Facebook Icha Shakila dengan ancaman apabila tersangka R tidak membuat video yang diminta oleh pemilik akun Facebook tersebut maka foto-foto tanpa busana milik tersangka yang pernah dikirimkan sebelumnya akan disebar luaskan.

Kemudian pada hari itu juga tanggal 30 juli 2023 tersangka R  mengikuti perintah dari pemilik akun Facebook Icha Shakila untuk membuat video yang bermuatan video Pornografi antara tersangka dengan anak kandungnya sendiri yang masih berusia 5 (lima) tahun. 

Tersangka juga dijanjikan akan dikiram sejumlah uang sebesar Rp. 15.000.000,- 
Setelah tersangka R mengirimkan videonya kepada pemilik Facebook Icha Shakila  pada sekitar pukul 19:00 WIB tersangka mencoba untuk menghubungi pemilik akun Facebook tersebut untuk meminta uang imbalan yang sekiranya sudah dijanjikan sebelumnya, namun pemilik akun Facebook Icha Shakila tidak dapat lagi dihubungi dan juga tidak mengirimkan uang yang sebelumnya sudah dijanjikan.

Berikut adalah beberapa dampak dan upaya pencegahan pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur
Dampak

- Anak tersebut menjadi mudah marah dan selalu merasa tidak aman
- Mengalami gangguan tidur
- Hilangnya kepercayaan diri anak yang disebabkan trauma akibat pelecehan
- Selalu menghayal

Upaya Pencegahan 

- Memberikan edukasi pendidikan seks bahkan ketika anak masih berusia 2,5 tahun sehingga anak-anak bisa menyadari bahwa berharganya tubuh yang mereka miliki dan bisa membedakan mana sentuhan yang baik dan mana sentuhan yang buruk

- Menjalin komunikasi dan kehangatan sengan anak agar anak tidak segan untuk selalu menceritakan ataupun mengungkapkan apa yang sedang dia rasakan

- Mengajarkan anak untuk bisa menolak ajakan yang tidak wajar 


Penulis : Fahri Ramadan 
(Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi UIN Alauddin Makassar)

Tulisan Tanggung Jawab Penuh Penulis

0 Komentar