Jaga Ketahanan Pangan Nasional, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Peternakan UINAM Gelar Seminar


MAKASSAR, Sulselpos.id - Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Peternakan dari Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar menggelar sebuah seminar bertema "Peran Peternakan dalam Menjaga Ketahanan Pangan Nasional".

Acara ini berlangsung di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Kampus II UIN Alauddin Makassar, Senin (11/12/2023).

Dihadiri oleh mahasiswa, para dosen, Sekretaris Jurusan Ilmu Peternakan, serta Wakil Dekan II Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Salah satu sorotan utama acara adalah kehadiran pemateri dari Direktur Utama PT. Bintang Sejahtera Bersama, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan, dan Dr. Ir. Andi Suarda, seorang dosen ilmu peternakan dari UIN Alauddin Makassar. Dr. Zulkarnain Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan, secara resmi membuka acara ini dengan apresiasi terhadap pentingnya kontribusi sektor peternakan terhadap ketahanan pangan nasional.

Sekretaris Jurusan Prodi Ilmu Peternakan, Arsan Jamili, menekankan perlunya menjaga kegiatan positif semacam ini.

"Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang baik buat kita semua," ucapnya.

Dr. Ir. Andi Suarda, dalam materinya menyoroti pentingnya inovasi teknologi dalam pengembangan produksi hasil ternak. 

"Mahasiswa peternakan harus bisa menciptakan teknologi baru untuk mendukung ketahanan pangan nasional," ujarnya.

Dr. Ir. H. Syahrir Akil, sebagai salah satu pemateri dari PT. Bintang Sejahtera Bersama, menyoroti tingginya sumber daya peternakan dalam negeri. 

"Hentikan impor karena kita punya potensi untuk mengembangkan sumber daya kita sendiri," ungkapnya.

Kegiatan seperti seminar ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa, juga membuka peluang untuk memperluas jejaring dalam industri peternakan guna meningkatkan perkembangannya.

Wiwi

0 Komentar