Jadi Narasumber Lokakarya Pedoman Kampus Peradaban, Prof. Mustari Mustafa Membahas Pendidikan Peradaban -->

Jadi Narasumber Lokakarya Pedoman Kampus Peradaban, Prof. Mustari Mustafa Membahas Pendidikan Peradaban

Kamis, 21 Desember 2023, 11:22
MAKASSAR, Sulselpos.id - Prof. Dr. H. Mustari Mustafa menjadi narasumber dalam kegiatan Lokakarya Pedoman Kampus Peradaban berlangsung di Hotel Remcy Panakukang, Kamis (21/12/23).

Prof Dr. Mustari Mustafa yang didampingi oleh Moderator Prof. Dr. Drs. Supardin membawakan materi pendidikan peradaban.

Ia mengungkapkan Islam adalah agama yang universal, peradaban Islam peradaban universal, sistem kehidupan manusia yang bisa berlampu dimana saja.

"Peradaban harus dibangun dengan ketakwaan dan kesalehan. Logika yang merupakan basis dari ilmu pengetahuan itu adalah salah satu spirit utama dalam peradaban manusia," ujarnya.

Prof Mustari Mustafa Mengungkapkan Peradaban Islam memiliki nilai-nilai yang Rasional religius yang didasarkan nilai agama Islam yang kedua Universitas menyangkut semua ras, diterima oleh semua orang, Ketakwaan dan kesalehan dibangun atas nilai moral dan spiritual dan Menjunjung tinggi nilai-nilai keilmuan dan kemajuan teknologi itu dibangun atas nilai ilmu dan teknologi.

"Mewujudkan peradaban Islam kita harus Meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap nilai-nilai islam, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan membantu tatanan sosial yang adil dan sejahtera," jelasnya.

"Pendidikan yang berperadaban adalah pendidikan yang bertujuan untuk membentuk manusia bermartabat dan berkontribusi bagi kemajuan manusia," lanjutnya.

Dirinya menejelaskan bahwa Pendidikan ini didasarkan pada nilai-nilai universal, seperti Karakteristik kampus peradaban Berbasis nilai universal , bertujuan membentuk manusia yang bermartabat dan berkontribusi bagi kemajuan peradaban.

"Mari kita berikhtiar menghadirkan peradaban di kampus kita dimulai dari diri kita masing-masing," kuncinya

Diketahui Lokakarya Kampus Peradaban diselenggarakan oleh Pusat Perdaban Islam Sulawesi Selatan LP2M UIN Alauddin Makassar yang berlangsung dari 20-21 Desember 2023.

Par


TerPopuler