Nikah Massal di Sinjai akan Segera Digelar, Begini Targetnya


SINJAI, Sulselpos.id - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai Jamaris duduk bersama dengan Kepala Sub Bag TU, Kasi Bimas Islam, Para Kepala KUA Kecamatan Se Kab. Sinjai dan Pihak Bank BRI Cabang Sinjai.

Dirinya membahas terkait persiapan program nikah Massal dalam rangka HUT Bank BRI melibatkan Kantor Kemenag Sinjai dimana sebagai leading sector dalam urusan pernikahan di ruang Kerja Kakankemenag Sinjai, Kamis (16/11/2023).

Rapat yang dipimpin Kankemenag Sinjai Jamaris, dalam rapat tersebut membahas tentang persiapan pelaksanaan nikah massal yang rencananya ditarget sebanyak 20 pasangan calon pengantin yang ada di setiap Kecamatan di Kab. Sinjai. Sesuai yang disampaikan Kakankemenag Sinjai kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang diadakan dalam rangka memeriahkan HUT BRI Kanca Sinjai.

Selain itu juga sebagai salah satu program Kemenag Sinjai dan membantu program kegiatan BRI Sinjai untuk sosialiasi ke masyarakat tentang kepedulian kepada masyarakat Sinjai yang membutuhkan. Selain itu juga, terkait nikah massal ini, dengan melibatkan Kankemenag sebagai diharapkan kedepannya bisa menjalin kerjasama baik dalam bentuk apapun.

“Kemitraan antara BRI dan Kankemenag Sinjai bisa dijadikan momentum untuk kedepannya, sehingga kerjasama kita bukan hanya ini saja. Tetapi bisa dalam bentuk lain yang sifatnya demi kepentingan masyarakat banyak," ujar Jamaris mengatakan menyambut baik dengan diadakannya nikah massal ini.

“Kami sebagai leading sector dalam urusan pernikahan ini akan membantu proses kelancaran pelaksanaannya kegiatannya ini, Diharapkan juga, para Kepala KUA Kecamatan disetiap Kecamatan bisa saling bekerjasama dan melakukan komunikasi intens serta bekoordinasi dengan baik terkait pendataan peserta nikah massal ini, agar proses pelaksanaannya nanti tidak ada kendala," tambah Jamaris.

Nikah massal untuk merupakan bagian dari program sebagai wujudkan rasa kepedulian bagi masyarakat yang telah menikah secara sah menurut ajaran agama Islam namun belum mendapatkan legalitas dari pemerintah karena tidak memiliki buku nikah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dikatakannya, digelarnya nikah massal ini tujuannya untuk membantu masyarakat agar memiliki status hukum. Sah secara agama, sah juga secara negara dengan tetap merujuk kepada peraturan perundang-undangan perkawinan yang berlaku.   

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2023 bertempat di Kankemenag Sinjai . Dan konsepnya acara dibuat semeriah mungkin sesuai dengan harapan kita bersama. 

Adapun sasaran nikah massal ini diantaranya pasangan yang pernah melangsungkan pernikahan secara resmi dimana sampai saat ini tidak terbitnya buku nikah saat pernikahannya dahulu. Pasangan yang telah mendapatkan salinan putusan/penetapan itsbat nikah dari kantor Pengadila Agama, dan jika ada calon pengantin yang kurang mampu serta calon pengantin yang akan memeriahkan kegiatan ini akan membebaskan biaya administrasi pencatatan nikah bagi semua golongan masyarakat. Kata Jamaris 

Sementara pihak Bank BRI Sinjai Nasaruddin menyampaikan dengan diadakannya kegiatan ini di Kab. Sinjai dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) BRI Ke 128 tahun dimana di kab. Sinjai belum pernah di adakan kegiatan seperti ini dan ini pertama kali akan digelar bekerjasama dengan kementerian Agama Kab. Sinjai sebagai leading sektor yang menangani masalah perkawinan.

Lanjut dia menjelaskan Nikah Masal yang akan dilaksanakan nantinya bertujuan memfasilitasi masyarakat yang belum memiliki surat nikah akibat terkandala birokrasi administrasi.

“jadi nikah massal untuk saudara – saudara kita yang selama ini sudah hidup serumah namun terkendala birokrasi administrasi, kita mau bantu mereka dengan fasilitasi supaya mereka bisa dapat surat nikah,” tuturnya 

Sehingga hari ini pihak BRI Sinjai dan Kemenag Sinjai terlebih dahulu melakukan koordinasi untuk memastikan mekanisme pelaksanaan nikah masal.

“Jadi kita menarget sebanyak 20 pasang yang nantinya akan mengikuti nikah masal, Dimana calon pengantin Kami akan menyediakan make-up artist di hari pernikahan dan souvenir pernikahan.

Par

0 Komentar