Jurusan Ilmu Komunikasi UINAM Gelar Pembekalan PPL Mahasiswa Angkatan 2020

Pembekalan PPL Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020
GOWA, Sulselpos.id - Jurusan ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) menggelar pembekalan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) angkatan 2020 di Masjid Darus Salam lr. 7 jln Karaeng Makkawari Samata, Jumat (23/6/23).

Kegiatan ini menghadirkan Dr. Anshar Akil, ST., M.Si akademisi dari Universitas Kebangsaan Malaysia  sebagai pemateri.

Ketua jurusan Ilmu Ekonomi, Dr. Asni Djamereng selaku Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi mengungkapkan PKL ini diperuntukkan untuk mahasiswa semester VII.

"Pembekalan PPL ini untuk mahasiswa semester VII angkatan 2020 namun kami melakukan lebih awal sebelum semester genap berakhir," jelasnya.

Dirinya juga  mengungkapkan hadirnya Pemateri dari Malaysia Dr. Anshar Akil, ST., M.Si  untuk menambah pengetahuan dan pengalaman baik kepada mahasiswa maupun juga kepada dosen karena kebetulan dia adalah salah satu Dosen Ilmu Komunikasi, mungkin juga bisa membantu Dosen ilmu komunikasi menuju Guru besar.

"Beliau Dosen Ilmu komunikasi dari Malaysia menjadi momentum untuk mendapat pengalaman banyak dan ilmu dari beliau dan juga sebagai rujukan untuk membantu Dosen untuk mendapat guru besar, kita dapat pengalaman dari beliau kebetulan beliau ahli dalam media dan komunikasi dan itu juga yang beliau ajarkan di Universitas Kebangsaan Malaysia," jelasnya.

"Mahasiswa yang kita lepaskan untuk melaksanakan PPL bisa berkontribusi besar terhadap lembaga yang ada di Makassar," lanjutnya.

Ketua Jurusan ilmu Komunikasi mengutarakan, sebenarnya mereka juga berpeluang PPL diluar Makassar namun ada banyak pertimbangan termasuk Dosen pembimbing yang akan mendampingi masing-masing ada kesibukan sehingga kita pilih di Makassar saja.

Ia berharap Mahasiswa itu betul-betul bisa berinteraksi dengan lembaga lain  menerapkan teori yang didapatkan di bangku perkuliahan dan bisa menambah wawasan.

"Saya bersyukur selaku Ketua jurusan, selama melakukan pembimbingan Alhamdulillah Mahasiswa komunikasi banyak mendapat respon positif baik dari pemerintah maupun swasta bahkan ada beberapa yang diminta untuk bisa magang kembali, itu bisa dikatakan adik-adik yang dilepas itu memberikan kontribusi sangat positif bahkan respon yang paling bersyukur bahkan ada yang telah dipanggil menjadi karyawan kontrak," pungkasnya.

Sementara itu Wakil Dekan Satu Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINAM, Dr. Irwan Misbach mengungkapkan terkait alur PPL di UINAM.

"Yang pertama itu pembekalan, pelaksanaan dan laporan itu yang penting karena disitu ada nilai, jadi nilai itu ada dua sumbernya yang pertama dari lokasi tempat PPL terus yang kedua dari dosen Pembimbing, dosen pembimbing, ketika kita bicara PPL itu PPL masuk dalam kurikulum kita," jelasnya.

Diketahui, Pembekalan PPL ini Sedianya dilaksanakan d Lecture Theatre  (LT) Fakultas Dakwah dan Komunikasi dipindahkan karena insiden yang terjadi di Kampus UINAM sehingga tidak ada aktivitas pembelajaran karena seluruh proses pembelajaran dialihkan ke online.

Nur Zatil Hidayah

0 Komentar