Kapolres Takalar Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023


TAKALAR, Sulselpos.id - Didampingi Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad,
Kepala Kepolisian Resor Takalar Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Gotam Hidayat pimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023 dengan tema “Mudik Aman Berkesan", Senin (17/4/2023).

Kegiatan bertempat dihalaman Apel Kantor Bupati Takalar, dihadiri Dandim 1426 Takalar Letkol Kav Nanang Sujatmiko, Kepala Kejaksaan Negeri Takalar (yang mewakili) Wijaya dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Takalar Resa Apriadi.

Kegiatan apel diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh pimpinan apel dilanjutkan dengan penyematan pita tanda dimulainya Operasi Ketupat 2023, kepada 4 (empat) anggota perwakilan dari Satuan lalu lintas, TNI Denpom, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Takalar.

Pada kegiatan tersebut, Kapolres Takalar membacakan amanat seragam Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo yang intinya menyampaikan bahwa Polri bersama Stakeholder terkait akan menggelar Operasi Ketupat 2023 yang dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 18 April S/d 1 Mei 2023, dengan melibatkan 148.261 personil gabungan yang terdiri dari personil TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, dan mitra Kamtibmas lainnya, yang mana nantinya personil tersebut akan menempati 2.787 pos pengamanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Untuk memastikan Operasi berjalan dengan Optimal, Polri akan membagi 5 wilayah pengendalian utama di Pulau Sumatera-Jawa dan pengendalian secara kewilayahan di Polda lainnya dengan menjadikan NTMC Polri sebagai Posko Operasi Terpusat," tutur Kapolres.

Kemudian, sebagai tindak lanjut anev mudik tahun 2022, maka telah dikeluarkan dikeluarkan SKB tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan, serta Penyeberangan selama masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 H. 

"SKB tersebut berisi tentang pembatasan operasional angkutan barang, sistem one way dan contra flow, pengaturan penyeberangan, serta pengaturan penundaan perjalanan (delaying system) pada pelabuhan Merak dan Ciwandan," tambah Kapolres.

Diakhir sambutannya, Kapolres Takalar menyampaikan beberapa penekanan Kapolri untuk dipedomani dan dilaksanakan dalam pelaksanaan Operasi, diantaranya :

1. Agar personil Operasi melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua.

2. Kedepankan langkah-langkah Humanis, terapkan Buddy System dan pedoman SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan "Presisi" sebagaimana harapan Masyarakat.

3. Perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun Stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.

"Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, serta keselamatan kepada kita, dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara," pungkas Kapolres.

Adapun peserta apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2023 terdiri dari : 1 Pleton personil Denpom Takalar, 1 Pleton Pers Kodim 1426 / Takalar, 1 Pleton personil Sat Reskrim Polres Takalar, 1 Pleton personil Sat Intelkam Polres Takalar, 1 Peleton Personil Samapta Polres Takalar, 1 Peleton personil Damkar, 1 Pleton  BNPB Takalar, 1 Pleton Team PSC, 1 Pleton Team TAGANA, 1 Pleton personil Rapi Kabupaten Takalar dan 1 Pleton personil Dishub Kabupaten Takalar.

Haeril

0 Komentar