Ciri Khas Masjid Agung Sultan Alauddin UINAM

Mesjid Agung Sultan Alauddin
GOWA, Sulselpos.id - Masjid Agung Sultan Alauddin yang berlokasi di Kampus II Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) Jl. Yasin Limpo, Kelurahan Romang Polong, Kecamatan Sumba Opu, Gowa, Sulawesi Selatan, telah resmi difungsikan.

Masjid Sultan Agung Alauddin yang telah dibangun di area Kampus II UINAM ini memiliki keunikan dari segi bentuk bangunan. Hal ini diungkapkan oleh Rektor UIN Alauddin Makassar Prof. Dr. H. A. Qadir Gassing HT, MS, (Rektor Periode 2011-2014).

Dirinya melakukan Peletakan batu pertama pada hari Selasa, 10 Mei 2014 lalu. Peletakan batu pertama menandakan bahwa Masjid Sultan Agung Alauddin ini telah siap untuk dibangun.

Mantan Rektor UINAM ini mengatakan bahwa Masjid Sultan Agung Alauddin ini akan berbeda dari bangunan masjid lainnya.

“Unsur budaya lokal dan kemoderenannya menjadi ciri khas dan keunikan dari Masjid Sultan Agung Alauddin tersebut,” ujarnya

Salah satu Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Rahmat Hidayat dari jurusan Ilmu Komunikasi menuturkan bahwa ia pernah mengikuti shalat Jum'at di Masjid Sultan Agung Alauddin.

"Secara struktural masjid ini unik karena dari atapnya berbeda dengan bangunan masjid pada umumnya, dan ketika saya masuk saya terkesima dengan keindahan arsitektural bangunan masjid tersebut,” ujarnya saat diwawancarai, Selasa, (13/12/2022).

Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa ini pertama kalinya melihat masjid seperti Masjid Agung ini.

“Jujur saja, ini pertama kalinya saya melihat masjid seperti itu,” tambahnya.

Diketahui Mesjid tersebut sudah difungsikan dari  11 Juni 2022.

citizen reporter : Rizki Sahputra
Editor : Wiwi

0 Komentar