Hadiri Pesta Adat Mappogau Sihanua, Bupati Sinjai Beri Apresiasi


SINJAI, Sulselpos.id - Pesta Adat Mappogau Sihanua, kembali diselenggarakan oleh masyarakat adat Karampuang di desa Tompobulu, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, Senin (17/10/2022).

Even atau tradisi ini digelar setiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur atas  keberhasilan panen pertanian maupun perkebunan warga di Desa Tompobulu. 

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), Wakil ketua II DPRD Sinjai, Mappahakkang, Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf. Sumardi, perwakilan Polres, Kejari Sinjai dan Kepala OPD lingkup Pemkab Sinjai serta masyarakat.

Bupati ASA, mengaku bangga dengan keragaman budaya yang sejak dulu dan masih dipertahankan hingga saat ini. Sama seperti pesta adat Mappogau Sihanua, even ini kata dia memiliki nilai sosial budaya dan ekonomi yang positif sebab akan menjadi potensi bertambahnya agenda wisata budaya yang dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Saya bersyukur dan bangga pesta adat ini masih dipertahankan apalagi memiliki banyak makna dan nilai filosofi yang kental dalam rangka penguatan budaya lokal dan jati diri bangsa," kata Bupati ASA.

Oleh karena itu, Bupati ASA menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai mendukung pesta adat Mappogau Sihanua semaksimal mungkin sebagai salah satu strategis pembangunan, khususnya dalam menggali potensi kebudayaan yang dapat dikembangkan dan dijadikan akses budaya lokal yang mempunyai ciri khas dan daya pikat wisata.

Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai, ini juga mengajak seluruh masyarakat Tompobulu dan sekitarnya, khususnya masyarakat adat untuk sama-sama aktif dalam mensukseskan pesta adat Mappogau Sihanua.

"Partisipasi masyarakat menjadi kunci kesuksesan penyelenggaraan kegiatan begitupun dengan pesta adat ini, untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat aktif dalam mendorong kemajuan budaya yang dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui budaya lokal," harapnya.

Kehadiran Bupati ASA dalam penyelenggaraan pesta adat Mappogau Sihanua di kawasan adat Karampuang juga dirangkaikan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) pengakuan dan perlindungan adat Karampuang.

SK tersebut diserahkan Bupati ASA kepada Panggella selaku ketua adat Karampuang disaksikan oleh para pemangku kebijakan serta tamu undangan lainnya. Pesta adat Mappogau Sihanua sebelumnya juga mendapat penghargaan dari Kementerian sebagai salah satu warisan tak benda. 

Wiwi

0 Komentar