Strategi Pemerintah dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

                      Ulfa Tuzzali

OPINI, Sulselpos.id - Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan ekonomi suatu negara. 

Karena Sumber daya manusia memiliki peranan sebagai agen perubahan, dimana sumber daya manusia itu berperan sebagai pelaksana dan penentu dalam melakukan suatu pembangunan ekonomi. 

Tanpa adanya sumber daya manusia maka pembangunan ekonomi dalam suatu negara tidak bisa dijalankan atau dilaksanakan. 

Sumber daya manusia yang memiliki pendidikan atau kemampuan yang berkualitas maka pembangunan di suatu negara akan semakin mudah untuk mencapai suatu kesuksesan dan dapat menimbulkan kemajuan bagi bangsa Indonesia. 

Pengembangan SDM merupakan suatu proses dan menjadi tujuan dalam pembangunan nasional. Dimana pembangunan ekonomi ini dipengaruhi oleh kesadaran dan partisipasi yang dimiliki dari bangsa indonesia itu sendiri. 

Dimana kemampuan dan kematangan kepribadian yang dimiliki manusia dapat memperkuat satu sama lain. Dimana kemampuan profesional dapat membentuk sikap dan perilaku yang tangguh. 

Kualitas sumber daya manusia unggul merupakan tugas bersama dalam menciptakan suatu bangsa negara yang makmur. 

Melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional. 

Terkait dengan hal tersebut, ada beberapa strategi atau peranan yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di antara nya, pertama, perluasan dan pemerataan sistem pendidikan yang baik dan bermutu. 

Untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan adanya sistem pendidikan yang menyeluruh terutama terkait dengan kualitas pendidikan dan disesuaikan dengan kebutuhan manusia dan keadaan di lapangan. 

Dimana pemerintah disini memiliki peran untuk menyelenggaran sistem pendidikan yang efektif dan efisien. 

Kedua peningkatan kualiatas pelayanan publik dengan perbaikan kualitas dan pelaksanaan pembangunan yang seimbang dengan hal tersebut maka akan berpengaruh terhadap masyarakat dimana dengan pelayanan yang baik kepada masyarakat dapat memberikan contoh kepada masyarakat dalam hal berperilaku kepada masyarakat lainnya. 

Ketiga peningkatan kapasitas sumber daya manusia dengan memberikan bimbingan. Karena jika masyarakat tidak dibimbing dan dilatih maka skill yang mereka miliki tidak dapat berkembang. 

Pemerintah memegang peranan penting dalam menyiapkan program-program strategis guna menghasilkan SDM berkualitas dan siap memasuki pasar kerja. 

Terakhir, adalah pembinaan dan pengembangan masyarakat terutama generasi muda. Sebagai faktor penting dalam pembangunan, pemberdayaan generasi muda diharapkan dapat menciptakan generasi yang kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi. 

Strategi atau peranan tersebut tentu saja membutuhkan kerjasama dari semua pihak Kesadaran serta semangat untuk terus meningkatkan kualitas diri dan daya saing juga diperlukan dari generasi muda yang merupakan agen pembangunan bagi bangsa ini. 

Selain itu, diperlukan pengawasan dan evaluasi untuk memastikan program-program yang ada berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan produktifitas tenaga kerja khususnya generasi muda. 

Dengan sumber daya manusia yang berkualitas maka target dalam pembangunan dapat tercapai.

Penulis : Ulfa Tuzzali
(Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIM Sinjai)

0 Komentar