OPINI : Upaya dalam Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Pedesaan


OPINI, Sulselpos.id - Pembangunan infrastruktur sangat berperan bagi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat antara lain dalam peningkatan nilai konsumsi, peningkatan produktivitas tenaga kerja dan akses kepada lapangan kerja serta peningkatan kemakmuran yang nyata.

Namun faktanya masih banyak infrastruktur yang kurang memadai bahkan jauh dari harapan yang bisa dinikmati atau digunakan oleh masyarakat misalnya jalan desa yang setiap hari digunakan oleh masyarakat untuk  aktivitas ekonomi, oleh karena itu pengadaan infrastruktur yang memadai sangat diharapkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Kesejahteraan merupakan hal yang sangat diinginkan oleh semua kalangan masyarakat terutama di pedesaan, di mana kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi seperti sandang pangan, lapangan pekerjaan dan terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat seperti lingkungan yang bersih dan aman serta tersalurkannya hak partisipasi dalam proses pembangunan terutama pembangunan infrastruktur. 

Di mana pembangunan infrastruktur merupakan roda penggerak dalam pertumbuhan ekonomi. Selain itu pembangunan infrastruktur juga berperan sebagai alat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta sebagai pemicu pembangunan suatu kawasan.

Pembangunan pedesaan telah dilakukan oleh pemerintah daerah, dan masyarakat melalui berbagai kebijakan dan program program yang telah ditetapkan. Upaya-upaya itu telah menghasilkan berbagai kemajuan yang dirasakan oleh sebagian masyarakat pedesaan. 

Namun, masih banyak wilayah pedesaan yang belum berkembang seperti wilayah lainnya. Dalam sebuah pembangunan di negara demokrasi, tidak akan berjalan dengan lancar apabila pemerintah saja yang melaksanakannya. Namun masyarakat juga perlu disertakan dalam proses pembangunan karena masyarakat tidak bisa hanya dijadikan objek pembangunan semata karena masyarakat yang mengetahui keadaan dan kebutuhan daerahnya dalam pembangunan. 

Oleh karena itu peran masyarakat sangat penting baik itu menjadi subjek pembangunan maupun objek pembangunan. Masyarakat bisa turun langsung dalam pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dengan ikut langsung berpartisipasi melalui musyawarah yang dilakukan bersama pemerintah desa dalam ikut mensukseskan pembangunan. 

Adapun manfaat partisipasi masyarakat dalam pembangunan yaitu mampu meningkatkan motivasi dan keterampilan masyarakat dalam pembangunan, pelaksanaan pembangunan semakin sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat dan tidak menciptakan ketergantungan masyarakat pada pemerintah.

Dalam rangka melaksanakan percepatan pembangunan pedesaan, akan terus dilakukan berbagai program dan kegiatan yang terkait dengan peningkatan kesejahteraan, pengurangan kemiskinan, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pelibatan masyarakat dalam proses pengelolaan pembangunan pedesaan. Perlu disadari bahwa hakikat pembangunan nasional yang komprehensif adalah meletakkan fondasi atau penopang yang kokoh pada pembangunan di wilayah pedesaan. 

Dalam sebuah proses pembangunan di suatu wilayah, pemerintah berwenang melakukan pembangunan selalu berupaya maksimal untuk mencapai tujuan yang diharapkan bersama. Namun dalam perjalanan sebuah proses pembangunan tidak selalu berjalan dengan mulus akan tetapi banyak halangan yang dihadapi. Karena sistem yang dianut dalam pemerintahan yang ada di Indonesia menggunakan sistem desentralisasi atau dari pemerintah pusat ke daerah dipastikan proses pembagunan akan selalu banyak kendala. Baik itu masalah dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, atau bahkan pemerintah desa. 

Adapun Faktor yang menghambat dalam proses pembangunan infrastruktur pedesaan antara lain anggaran dalam program pembangunan infrastruktur pedesaan, dan juga bantuan teknis, dan pengembangan berskala komunitas masih merupakan pilihan pragmatis-realistis di kalangan sektoral.

Oleh karena itu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan memberikan perlindungan pada masyarakat desa melalui pembangunan infrastruktur desa yang diharapkan mampu membantu dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. 

Dalam implementasinya, prioritas utama pembangunan nasional diberikan kepada pemeliharaan kesejahteraan masyarakat, sasaran yang hendak dicapai melalui prioritas ini antara lain adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi masyarakat pedesaan, sehingga pada nantinya tingkat kesejahteraan masyarakat Pedesaan semakin membaik.

Penulis : Hastuty
(Mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah IAIM Sinjai)

*Tulisan tanggungjawab penuh penulis

0 Komentar