Lahirkan Tokoh Ekonom Muda, Pikom IMM FEB Unismuh Gelar Darul Aksara Ekonomi


MAKASSAR, Sulselpos.id - Pimpinan Komisariat (Pikom) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unismuh Makassar menggelar kegiatan Darul Aksara Ekonomi yang diinisiasi Bidang Keilmuan Pikom IMM FEB.

Mengusung tema “Konstruksi Economic Ideas: Reorientasi Basis Gerakan” kegiatan ini bertempat di kampus 1 BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan dimulai dari tanggal 19-23 Juni 2022.

Darul Aksara Ekonomi ini sudah kali ke dua dilaksanakan dimana kegiatan ini merupakan salah satu langkah atau solusi Pikom IMM FEB untuk menjawab permasalahan yang ada di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.

Sesuai dengan tema yang di angkat dengan harapan dapat melahiran para tokoh ekonom-ekonom muda ataupun pemikir-pemikir ekonomi yang mampu membaca realitas ekonomi yang terjadi dilingkungan sekitarnya.  

Lima hari kegiatan telah dilaksanakan dan hari ini peserta Forum Darul Aksara Ekonomi melakukan kunjungan di Tribun Timur. 

Ketua Pikom IMM FEB Unismuh Makassar, Edi Suyuti berharap kegiatan tersebut mampu mengasah pisau analisis ekonomi para peserta dan juga mampu membangkitkan tokoh pemecah permasalahan ekonomi di masa depan. 

"Semoga dari sini terlahir tokoh-tokoh ekonom Muhammadiyah di masa depan," katanya, Kamis (23/06/22).
Sementara itu, A.Yahyatullah selaku Stering kegiatan dan Demisioner Bidang Keilmuan Pikom IMM FEB Unismuh Makassar juga selaku ketua delegesi pemberangkatan dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa ada dua konsep kegiatan, secara Indoor dan Outdoor. 

Secara Indoor, peserta Darul Aksara Ekonomi mengikuti Forum Kajian di dalam ruangan dengan mendengarkan materi-materi mengenai kepenulisan, motivasi membaca dan materi ekonomi karena capaian Forum DAE ini selain melatih Skill kepenulisan peserta juga melatih pisau analisis secara kritis untuk membaca dan menuliskan fenomena-fenomena perekonomian yang terjadi di sekitaran mereka. 

Selain itu juga tersedia buku-buku di dalam ruangan, agar dapat di akses oleh peserta untuk menjadi bahan reverensi dalam membaca dan menulis. 

"Secara Outdoor, Peserta DAE langsung melakukan kunjungan di beberapa perusahaan dan UMKM, dengan melihat langsung aktivitas Ekonominya, mulai dari produksi hingga distribusi, sekaligus melihat langsung sistem ekonomi apa yang di pergunakan berdasarkan kajian yang di dapatkan pada saat Indoor," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dirinya menyebut bahwa secara umum, Forum kepenulisan ini di harapkan dapat melahirkan para pemikir ekonomi-ekonomi muda yang dapat membaca fenomena perekonomian hari ini.

"Serta memberikan solusi melalui pemikiran-pemikiran yang tertuang dalam tulisan-tulisannya," tutup A.Yahyatullah.

Haeril

0 Komentar