KPU Tana Toraja Tetapkan Rekapitulasi DPB Periode Januari 2022 -->

KPU Tana Toraja Tetapkan Rekapitulasi DPB Periode Januari 2022

Rabu, 02 Februari 2022, 21:20

TANA TORAJA, Sulselpos.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja melaksanakan rapat penetapan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Periode Januari 2022.

Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang diamanahkan UU diluar Tahapan Pemilu/Pemilihan yang bertempat di Ruang rapat Rumah Pintar Pemilu (RPP), Rabu (02/02/22).

PDPB ini bertujuan mengupdate data pemilih setiap bulannya pasca Tahapan Pemilihan. Update dilakukan dengan mencoret/mengeluarkan pemilih TMS (Tidak Memenuhi Syarat) termasuk pemilih yang belum melakukan perekaman KTP elektrik maupun menambahkan pemilih baru serta melakukan perbaikan data pemilih.

Rapat ini dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Tana Toraja, Sekretaris, para Kasubag dan Staf Sekretariat KPU Tana Toraja.

Dalam rapat tersebut, Anggota KPU Tana Toraja yang membidangi Data dan Informasi, Intan Parerungan menyampaikan hasil RDPB Periode Januari.

Dirinya menjelaskan bahwa KPU Tana Toraja  telah melakukan RDPB Periode Bulan Januari dengan jumlah pemilih sebanyak 169.545 Pemilih, dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 86.294 dan pemilih perempuan berjumlah 83.251 yang tersebar di 19 kecamatan dan 159 Kelurahan/Lembang.

"Adapun pemilih tidak memenuhi syarat sebanyak 44, pemilih baru 87 dan ubah data sebanyak 1 pemilih, data tersebut merupakan tanggapan dan masukan dari masyarakat, Disdukcapil Tana Toraja dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Intan menambahkan bahwa jumlah pemilih dalam DPB periode sebelumnya (bulan Desember) yang di tetapkan pada tanggal 3 Januari 2022 sebanyak 169.502 pemilih.

Intan juga menginformasikan bahwa masyarakat dapat mengakses DPB dilaman resmi KPU Kabupaten Tana Toraja.

Hasil Rekapitulasi DPB setiap bulannya diumumkan di website https://kab-tanatoraja.kpu.go.id, dengan begitu masyarakat dapat mengakses data yang dimaksud. 

"KPU juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam mengawal hak pilihnya dengan cara memberikan informasi, tanggapan dan masukan terkait Data Pemilih melalui https://pemilih.sulsel.net," tutupnya.

Haeril

TerPopuler