Peningkatan Minat Baca, Rumah Dongeng Sinjai Launching TBM di Sinjai Barat -->

Peningkatan Minat Baca, Rumah Dongeng Sinjai Launching TBM di Sinjai Barat

Senin, 27 Desember 2021, 12:43


SINJAI, Sulselpos.id - Salah satu upaya peningkatan minat baca yang dilakukan  Pegiat Literasi Sinjai yang tergabung dalam Komunitas Rumah Dongeng Sinjai dengan meresmikan 3 TBM terletak di Desa Turungan Baji dan Terasa, Kecamatan Sinjai Barat.


Taman Bacaan Masyarakat (TBM) adalah perpustakaan mandiri seperti yang dikelola oleh Komunitas. Ke-3 TBM tersebut adalah TBM Turungan dan Pattiroang di Dusun Soppeng, Desa Turungan Baji dan TBM Pemuda Tonrong di Dusun Tonrong, Desa Terasa. 


Peresmian TBM ini juga masih dalam rangkaian program kerja Kampung Literasi yang merupakan apresiasi dan program khusus dari Kemendikbudristek melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus. 


Selain itu, Rumah Dongeng Sinjai juga menyalurkan buku dan Al Qur'an hasil donasi dari program 1000 buku untuk Sinjai. 


Pendiri Rumah Dongeng Sinjai, Mirfayani Mirsal mengatakan bahwa berbicara tentang minat baca seharusnya diimbangi dengan penyediaan fasilitas dan bahan bacaan. 


Pendirian TBM ini merupakan salah satu upaya yg dilakukan oleh pemuda desa yang peduli dengan kondisi desanya. Dengan hadirnya TBM itu sama halnya mendekatkan buku ke masyarakat


"Patut diapresiasi pemuda Dusun Soppeng dan Dusun Tonrong bisa bersatu dengan masyarakat untuk memajukan desanya dengan meningkatkan minat baca masyarakatnya," ungkapnya, Senin (27/12/21).


Lebih lanjut, Dirinya menyampaikan bahwa "Akhir bulan depan kami bersama pengelolah TBM akan melaksanakan penyusunan rencana tindak lanjut, sehingga TBM bisa berkegiatan secara terus menerus," harapnya.


Haeril

TerPopuler