Konser Al-Qur’an 30 Juz oleh Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Diapresiasi Wabup Sinjai -->

Konser Al-Qur’an 30 Juz oleh Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Diapresiasi Wabup Sinjai

Jumat, 31 Desember 2021, 12:56

SINJAI, Sulselpos.id - Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong mengapresiasi dan mendukung penuh terselenggaranya Refleksi Akhir Tahun bertajuk Konser Al-Qur’an 30 Juz yang dipusatkan di Masjid Agung Nujumul Ijtihad Kabupaten Sinjai, Jum’at (31/12/21).

Pada kesempatan ini dirinya membuka kegiatan Konser Al-Qur’an 30 Juz yang digagas oleh Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam (FUKIS) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai bekerjasama dengan HIMPIAT IAIM Sinjai.

“Ini adalah salah satu amunisi untuk membentengi diri bagi kita semua, khususnya mahasiswa. Dan lewat lantunan Al-Qur'an semoga membawa keberkahan, dan semoga lantunan Al-Qur'an Kabupaten Sinjai lebih berkah lagi,” kata Andi Kartini Ottong melalui sambutannya.

Sebelumnya, Dekan FUKIS IAIM Sinjai menyampaikan adanya Konser Al-Qur’an 30 Juz ini merupakan puncak kegiatan dari The Mufassir Camp yang juga bagian dari program Prodi IAT bersama HIMPIAT yang dilaksanakan selama tiga bulan.

“Kita berharap melalui kegiatan itu, mahasiswa di luar dari pesantren mampu mempelajari mulai dari bahasa, bacaan, terjemahan sehingga mahasiswa mampu menguasai metode menghafal Al-Qur'an, selama 3 bulan lamanya,” kata Alumnus Doktor UINAM ini.

Tidak hanya itu, Dekan FUKIS juga menyampaikan bahwa ketika memiliki masalah maka berdialog lah dengan Al-Qur'an, karna Al-Qur'an memiliki syafaat, dan sebagai petunjuk dan pedoman hidup, “Ini menandakan bahwa pentingnya mempelajari Al-Qur'an karna memiliki banyak manfaat,” lanjut Dekan FUKIS.

Sementara itu, Ketua Panitia Konser Al-Qur’an 30 Juz, Musliadi juga melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan program tahunan, yang sengaja dilakukan di puncak tahun 2021, sebagai refleksi akhir tahun.

“Kegiatan ini akan berlangsung sampai subuh nanti atau sampai selesai 30 Juz, dan peserta dari kegiatan ini adalah belasan mahasiswa baru Prodi IAT yang sebelumnya telah mengikuti The Mufassir Camp selama tiga bulan lamanya,” beber Musliadi dalam laporannya.

Selain Wakil Bupati Sinjai, Dekan FUKIS, juga turut hadir dalam acara pembukaan ini adalah Ketua Yayasan sekaligus mewakili pengurus Masjid Agung Sinjai, Dr. Muh. Syukri, M.Pd. dan seluruh civitas akademika FUKIS IAIM Sinjai.

Sampai berita ini diturunkan, kegiatan masih berlangsung. Satu persatu mahasiswa Prodi IAT IAIM Sinjai bergantian melantunkan ayat suci Al-Qur’an. Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Agung Sinjai ini juga bisa di akses secara virtual via zoom meeting dan di akun YouTube IAIM Sinjai.

Pardi

TerPopuler