BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami, Masyarakat Diminta Tetap Tenang


JAKARTA, Sulselpos.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan peringatan dini tsunami usai gempa M 7,4 di Laut Flores, NTT, telah berakhir.


Pernyataan itu disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan pers, Selasa (14/12/2021).


"Sudah lebih dari dua jam setelah kejadian dan tidak terdeteksi ada kenaikan muka air laut lagi maka peringatan dini tsunami dinyatakan telah berakhir. Jadi saya ulangi peringatan dini tsunami dinyatakan telah berakhir,” ujarnya.


Dwikorita memohon kepada pemerintah daerah, terutama NTT, agar menyampaikan kepada masyarakat bahwa peringatan dini tsunami sudah berakhir.


“Artinya sudah bisa kembali ke tempat masing-masing. Demikian untuk peringatan dini tsunami,” kata Dwikorita.


Dwikorita meminta masyarakat untuk tetap tenang menghadapi situasi saat ini. Dia juga meminta warga tetap waspada karena masih terjadi beberapa gempa susulan.


"Kami mohon karena gempa susulan masih terjadi, masyarakat dimohon menghindari bangunan retak atau rusak diakibatkan gempa,” tuturnya.


Sebelumnya, BMKG menyatakan gempa berkekuatan magnitudo 7,5 mengguncang NTT. Pengumuman gempa disertai peringatan dini tsunami.


Beberapa waktu setelah pengumuman pertama, BMKG memutakhirkan kekuatan gempa menjadi magnitudo 7,4. BMKG juga mengumumkan setidaknya 15 gempa susulan setelah gempa pertama.


Zhar

0 Komentar