FKG UMI Lakukan Pengabdian Tentang Workshop Pembuatan Video Animasi -->

FKG UMI Lakukan Pengabdian Tentang Workshop Pembuatan Video Animasi

Kamis, 02 September 2021, 10:00

SINJAI, Sulselpos.id - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muslim Indonesia (UMI) melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat Internal UMI.

Kegiatanya berupa Workshop Pembuatan Video Animasi sebagai Media Penyuluhan Kesehatan Masyarakat dimasa New Normal di Puskesmas Mannanti, Kecamatan Tellulimpoe0, Rabu (01/09/21).

Tim pengabdian FKG UMI terdiri dari 3 orang dosen dan melibatkan pula mahasiswa, dimana memberi pelatihan ini ditujukan kepada Staf PKM Mannanti dan pelaksanaan dilakukan secara offline dengan mematuhi protokol kesehatan.

Ketua Tim Pengabdian, drg Nur Fadhilah Arifin mengatakan bahwa Mannanti merupakan salah satu desa Binaan UMI, ini merupakan kegiatan pengabdian ke 5 yang dilakukan di Mannanti.

"Biasanya kami datang ramai-ramai namun karena pandemi, maka kami yang turun ke lapangan secara langsung, namun kali ini hanya mewakili saja," ucapnya.

Selain itu, Dirinya menyampaikan bahwa petugas kesehatan di masa new normal dituntut untuk dapat berinovasi sesuai dengan revolusi industri 4.0 dapat menggunakan media secara digital. 

drg Nur Fadhilah Arifin juga menjelaskan dari beberapa literatur hasil penelitian menunjukkan penggunaan media penyuluhan dengan meggunakan video animasi lebih efektif dibandingkan dengan media menyuluhan 2 dimensi yang biasa digunakan.

"Video animasi lebih menarik dan lebih mudah dipahami karena disertai dengan  ilustrasi secara visual. Diharapkan setelah kegiatan ini tenaga kesehatan membuat konten edukasi yang dapat dipublikasi dan diakses oleh masyarakat kapanpun dan dimanapun sehingga derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat," jelasnya.

Kepala UPTD Mannanti, dr.Zulkifli Tamrin menyampaikan bahwa segala sesuatu yang memerlukan pelayanan tatap muka diubah menjadi pelayanan secara online. 

"Sosialisasi kesehatan sebelum masa pandemi covid-19 dilakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat secara offline dengan mengumpulkan masyarakat dalam satu lokasi, namun hal tersebut tidak sesuai dengan protokol kesehatan di era new normal ini dan ini menjadi suatu tantangan bagi petugas kesehatan untuk melakukan komunikasi dan edukasi kepada masyarakat terkait kesehatan," tutupnya. 

Diketahui Pengabdian ini dilakukan oleh drg. Risnayanti Anas, drg. Nur Rahmah dan Mahasiswa FKG yang diketuai oleh drg. Nur Fadhilah Arifin bekerjasama dengan media daring Sinjai Info.

Haeril

TerPopuler