Aktivis Apresiasi Aplikasi Pengaduan Tipikor Terobosan Ditreskrimsus Polda Sulsel -->

Aktivis Apresiasi Aplikasi Pengaduan Tipikor Terobosan Ditreskrimsus Polda Sulsel

Selasa, 21 September 2021, 23:03

MAKASSAR, Sulselpos.id - Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel Kombes Pol Widoni Fedri membuat terobosan dengan mencanangkan sistem aplikasi terintegrasi yang bertujuan untuk optimalisasi pengawasan Tindak Pidana Korupsi di Provinsi Sulawesi Selatan.

Sebagai tahap awal langkah sosialisasi Direktur Reserse Kriminal Khusus menghadiri di Coffe Morning Pemeritah Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (20/09/21).

Dalam rangka mensosialisasikan Optimalisasi Pengawasan Tipikor melalui Kebijakan dan Sistem Terintegrasi menuju Sulawesi Selatan bebas Korupsi, dengan tujuan pembuatan aplikasi khusus pengaduan terkait Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Kombes Pol Widoni menjelaskan, pihaknya akan melakukan kolaborasi kebijakan dan pengawasan dugaan adanya Tipikor dengan Aparat Pengawas Internal Pemerintahan (APIP) Sulsel dan Kejaksaan Tinggi Sulsel.

“Kebijakan tersebut juga akan didukung pemanfaatan teknologi informatika yang akan menjadi support system dalam optimalisasi pencegahan tipikor di Sulsel. Secara internal, akan dibuat sistem aplikasi yang mengintegrasikan data antara Ditreskrimsus Polda Sulsel, APIP Sulsel dan Kejaksaan Tinggi Sulsel,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Dirinya juga menyampaikan bahwa dengan kebijakan ini, maka upaya pengawasan Tipikor akan dapat berjalan dengan optimal

“Dengan kebijakan ini, maka upaya pengawasan Tipikor akan dapat berjalan dengan optimal menuju Provinsi Sulawesi Selatan bebas korupsi,” jelasnya.

Dikesempatan terpisah, Aktivis sekaligus Ketua GCW (Global Corruption Watch), Saprianto menyampaikan apresiasinya terhadap langkah dan terobosan Direktur Reserse Kriminal Khusus membuat Aplikasi Terintegrasi tersebut.

"Saya kira ini sangat bagus, untuk upaya optimalisasi pengawasan dan pencegahan tindak pidana korupsi di Indonesia dan di Sulawesi Selatan pada Khususnya," ungkapnya.

Selain itu, Dirinya menyampaikan bahwa GCW sangat mendukung dan mensupport program tersebut.

"GCW sangat mendukung dan mensupport program Pak Dirkrimsus, tentu semua pihak harus saling sinergi dan berkolaborasi untuk memaksimalkan serta mewujudkan kebijakan ini, kedepannya siapapun penerus Abang Widoni, program ini penting dan perlu berkelanjutan," tutupnya.

Frengki

TerPopuler