Hadiri Peringatan Kemerdekaan RI ke 76, Ini yang Disampaikan Kapolsek Bajeng -->

Hadiri Peringatan Kemerdekaan RI ke 76, Ini yang Disampaikan Kapolsek Bajeng

Sabtu, 14 Agustus 2021, 12:01

GOWA, Sulselpos.id - Warga Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa memperingati hari kemerdekaan RI ke 76 Tahun atau biasa dikenal dengan Gaukang Tubajeng, Sabtu (14/08/21).


Upacara setiap tahunnya diadakan di halaman Balla Lompoa Bajeng, Mereka menganggap kemerdekaan diraih dari tangan penjajah pada tanggal 14 Agustus 1945, Peringatan ini juga disebut dengan Gaukang Tubajeng (pesta besar orang Bajeng).


Hal ini dilakukan untuk mengenang perjuangan leluhur dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sekaligus menegaskan bahwa bendera merah putih terlebih dahulu berkibar di Kabupaten Gowa sebelum hari proklamasi kemerdekaan.


Dalam upacara ini, bendera pusaka Bajeng yang disebut Jole-jolea dan bendera merah putih dikibarkan secara berdampingan dan dijalankan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.


Kapolsek Bajeng, Akp Al Habsy menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tradisi masyarakat Bajeng dalam memperingati hari kemerdekaan RI.


"Sebagai tradisi masyarakat Kecamatan Bajeng memiliki nilai budaya yang luhur dan tradisi peringatan Hari kemerdekaan ini, ada sejak jaman perjuangan bahkan merupakan warisan dari tokoh pejuang kita, khususnya di Kecamatan Bajeng," kata Kapolsek.


Hadir dalam upacara tersebut, Kapolsek Bajeng Akp Al Habsy, Danramil 06/Bajeng diwakili Babinsa Kelurahan Limbung, anggota DPRD Provinsi Sulsel, Hj Rismawaty Kadir Nyampa, Kepala Kelurahan Limbung, Syamsurizal, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, serta tamu undangan kurang kebih 100 orang.


Haeril

TerPopuler