Finalisasi Data Masyarakat Adat di Sinjai, AMAN Sulsel Gelar Workshop -->

Finalisasi Data Masyarakat Adat di Sinjai, AMAN Sulsel Gelar Workshop

Selasa, 06 April 2021, 23:28


SINJAI,Sulselpos.id--
Pengurus Wilayah Aliansi Masyarakat Adat (AMAN) Sulawesi Selatan menggelar Workshop terkait Finalisasi Data untuk Penetapan Masyarakat Adat di Kabupaten Sinjai.


Bertempat di Aula Pertemuan Hotel Grand Rofina, Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai,Sulawesi Selatan. Selasa, (06/04/2021).

Ketua pelaksana kegiatan, Jasmadi Akbar yang juga merupakan Koordinator Biro Advokasi Hukum dan Politik AMAN Wilayah Sulsel mengatakan, kegiatan workshop tersebut terselenggara untuk memfasilitasi data 3 komunitas Masyarakat Adat (MA) beserta wilayah adatnya sebagai alat bantu bagi panitia Masyarakat Adat dalam melakukan identifikasi, verifikasi dan validasi keberadaannya serta wilayah adat di Kabupaten Sinjai.

"Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penyempurnaan data-data sosial maupun spasial yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan oleh panitia Masyarakat Adat dalam proses identifikasi maupun verifikasi," katanya.

Lebih lanjut Jasmadi menjelaskan, sebagaimana mandat Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sinjai No. 1 tahun 2019 tentang Pedoman, Pengakuan dan Pemberdayaan Masyarakat Adat yang tentunya harus dilaksanakan oleh pemerintah sebagai bagian dari pemenuhan hak-hak Masyarakat Adat yang selama ini terabaikan.

"Perda No. 1 tahun 2019 yang merupakan payung hukum bagi Masyarakat Adat di Sinjai, sampai saat ini belum terlaksana sehingga pemerintah sepenuhnya perlu untuk melidungi dan memenuhi hak asasi warga negara," tambahnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan, dihadiri perwakilan dari 3 Komunitas di Sinjai diantaranya Komunitas Masyarakat Adat Karampuang, Komunitas Masyarakat Adat Barambang Katute serta Komunitas Masyarakat Adat Soppeng Turungan.

Diketahui, dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Sardi Razak (Ketua BPH AMAN Wilayah Sulsel), Muhammad Arman (Direktur Advokasi Hukum dan HAM PB AMAN), Syafruddin (Koordinator Organisasi AMAN Sulsel) Kader dan Keanggotaan Wilayah Sulsel, serta Pengurus Daerah (PD) AMAN Sinjai.

Dari informasi yang diterima, rencananya Rabu (7/04) akan dilanjutkan dengan Focus Grup Discussion (FGD) bersama dengan Pemda Kabupaten Sinjai untuk menyusun Roadmap penetapan Masyarakat Adat di Kabupaten Sinjai.


Good

TerPopuler