Himaprodi Ekos UIAD Sinjai Gelar Seminar Kewirausahaan, Expo, dan Explore UMKM


SINJAI, Sulselpos.id - Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (HIMAPRODI EKOS) Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD) Sinjai menggelar Seminar Kewirausahaan, Expo, dan Explore UMKM yang dirangkaikan dengan Pasar Murah. 

Kegiatan ini Bertempat di Auditorium H. Amir Said dan halaman kampus UIAD Sinjai,Rabu (22/5/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh pelaku UMKM, mahasiswa UIAD dan UMSi serta masyarakat.

Dengan mengusung tema "Menumbuhkan Semangat Wirausaha Muda, Inovasi, Kolaborasi, dan Berkelanjutan". Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat wirausaha di kalangan mahasiswa serta mendukung perkembangan UMKM di Kabupaten Sinjai.

Acara dibuka secara resmi oleh Rektor UIAD Sinjai, Dr. Suriati dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapan agar kegiatan ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa, terutama anggota HMP, Ortom, dan UKM di UIAD. Beliau juga berharap agar para mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat setelah lulus nanti.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan keterampilan wirausaha mahasiswa serta mendukung perkembangan UMKM di Kabupaten Sinjai, menjadikan mereka lebih inovatif dan berdaya saing di masa depan," katanya.

Bagian utama dari acara ini adalah seminar internasional yang menghadirkan tiga pemateri terkemuka, yakni Wahriyadi, ST dari Majelis PWM Sulsel, Muhammad Basir MBS dari Majelis PWM Kota Makassar, dan Muhammad Afif Qubais, S.Hsc dari International Islamic University Malaysia. Mereka memberikan wawasan berharga mengenai kewirausahaan, inovasi, dan kolaborasi yang berkelanjutan.

Para pelaku UMKM juga mendapat manfaat besar dari acara ini, karena mereka mendapatkan pendampingan terkait legalitas usaha mereka. Stand-stand UMKM ramai dikunjungi, dan banyak produk yang berhasil terjual, menambah semangat para pengusaha kecil ini.

Acara ini didukung oleh beberapa sponsor, yaitu Pegadaian Cabang Sinjai, Bank Sulselbar, BRI, dan Es Teh Kurma. Mitra kerja yang berkontribusi dalam kesuksesan acara ini meliputi Fakultas Ekonomi dan Hukum Islam, Majelis Ekonomi Bisnis dan Pariwisata PWM Makassar Sulsel, Asosiasi UMKM, dan BULOG.

Wiwi

0 Komentar