Permadani PKLH UNM Gelar Workshop : Maggot Sebagai Solusi Zero Waste Sampah Organik


MAKASSAR, Sulselpos.id - Perkumpulan Mahasiswa dan Alumni Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Universitas Negeri Makassar (PERMADANI PKLH UNM) mengadakan kegiatan online talkshow dan workshop selama dua hari.

Dengan tema "Urai Sampah Organik dengan Pemanfaatan Maggot" berlangsung di Lokasi Urban Agrofarm. Acara ini menampilkan para pembicara utama, Prof Dr. Ir. Nurlita Pertiwi dari Permadani PKLH dan Tim Urban Agrofarm, Senin (20/11/23).

Kegiatan ini dihadiri oleh para tim Permadani PKLH dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, dengan jumlah peserta talkshow mencapai 120 orang dan peserta workshop sebanyak 15 orang.

Prof Nurlita Pertiwi menjelaskan pentingnya pemanfaatan maggot untuk mewujudkan zero waste, khususnya dalam penanganan sampah organik dan rumah tangga.

Rahmat Hidayat, selaku Manager produksi dari kelompok anak muda yang berwirausaha di bidang budidaya maggot, berbagi kesuksesan mereka dalam memperoleh keuntungan ekonomi. 

"Kami percaya bahwa maggot dapat menjadi solusi inovatif untuk mengurangi sampah organik dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih," ungkap Rahmat.

Lokasi kegiatan workshop berada di Todopuli Raya kota Makassar, yang telah berdiri sejak tahun 2020 pada masa pandemi. Prof Dr Gufran D. Dirawan salah satu pendiri Permadani PKLH, menyampaikan antusiasmenya untuk memperkenalkan budidaya maggot kepada pemerintah.

"Diharapkan, melalui kegiatan ini, pengetahuan tentang manfaat maggot sebagai solusi zero waste dapat tersebar luas, dan budidaya maggot dapat menjadi alternatif yang lebih berkelanjutan dalam mengelola sampah organik di masyarakat," jelasnya.

Haeril

0 Komentar