Naim Apresiasi Sosialisasi Pemilih Pemula Panwascam Sinjai Timur


SINJAI, Sulselpos.id - Bawaslu Kabupaten Sinjai melalui Panwaslu kecamatan Sinjai Timur sejak melakukan agenda sosialisasi dan edukasi Pemilu bagi pemilih pemula yang saat ini duduk di Kelas XI atau XII SLTA di SMAN 10 Sinjai, Kamis (2/11/2023).

Kegiatan sosialisasi yang difokuskan kepada pemilih pemula yang ada di sekolah-sekolah menengah atas tersebut, bertujuan bagi memberikan informasi terkait kepemiluan.

Termasuk membangkitkan kesadaran mereka untuk berpartisipasi dalam melakukan pengawasan Pemilu.

“Kita mengapresiasi langkah-langkah yang hari ini mulai dilakukan jajaran pengawas Pemilu di tingkat kecamatan dengan mengadakan agenda sosialisasi Pemilu dan pengawasan bagi pemilih pemula. ini adalah upaya untuk mengajak mereka agar turut berpartisipasi dalam menggunakan hak pilih, serta berpartisipasi dalam melakukan pengawasan Pemilu 2024," kata Koordinator Divisi Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Sinjai, Muhammad Naim.

Naim yang turut menjadi pemateri dalam kegiatan sosialisasi bagi pemilih pemula yang dilakukan Panwaslu Kecamatan Sinjai Timur ini juga mengatakan, bagi pemilih pemula yang nanti pada Pemilu 2024 untuk pertama kalinya akan menggunakan hak pilihnya.

Mereka diharapkan menjadi pemilih yang berintegritas dan bertanggungjawab terhadap sebuah proses demokrasi yang dilaksanakan.

Senada dengan itu, Kordiv HP2H Panwaslu Kecamatan Sinjai Timur, Nurul Iffah menuturkan agar menjadi pemilih yang dapat menggunakan hak pilih secara benar.

Tidak menjadi pemilih yang dimanfaatkan dan terpengaruh oleh kepentingan politik praktis, seperti politik uang, kampanye hitam dan hoax.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi bagi pemilih pemula ini diharapkan menjadi sebuah media yang efektif dalam penyebarluasan informasi terkait kepemiluan. 

"Melalui mereka diharapkan dapat menjadi corong informasi bagi keluarga, teman, maupun lingkungannya, terutama bagaimana Pemilu dapat dilaksanakan secara demokratis dan diawasi bersama-sama bagi menghindari kecurangan dan pelanggaran dalam setiap tahapannya" bebernya.

Selain kegiatan sosialisasi kepada pemilih pemula, Panwascam Sinjai Timur juga giat mengadakan sosialisasi netralitas ASN serta patroli kawal hak pilih.

Dalam kegiatan ini diikuti oleh jajaran Panwascam Sinjai Timur dan PKD se Kecamatan Sinjai Timur serta siswa/siswi SMAN 10 Sinjai.

Par

0 Komentar