Pentingnya Wawasan Luas Dalam Berdakwah


OPINI, Sulselpos.id - Orang yang berwawasan luas adalah orang yang memiliki pengetahuan dalam berbagai hal. Itu artinya, kamu harus selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap segala sesuatu yang ada dalam hidup ini. 

Oleh karena itu, menanamkan dalam diri untuk selalu ingin tahu tentang berbagai hal, itu sangat perlu dilakukan. Rasa ingin tahu yang tinggi akan membuat kamu selalu ingin berusaha mencari tahu dan belajar tentang berbagai hal. 

Dengan begitu, kamu pun menjadi bisa mengeksplorasi apa saja yang kamu inginkan dan butuhkan untuk menambah wawasan, agar menjadi semakin bertambah dan luas. Jangan malu bertanya kepada siapa saja untuk mendapatkan informasi yang kamu inginkan.

Perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat, membuatmu bisa mendapatkan berbagai informasi dari mana saja dengan cepat. Dengan fasilitas dan kemudahan yang ada, maka kamu bisa semakin memperluas wawasan lagi. Namun, tetaplah menyaring dengan teliti berbagai informasi yang kamu dapatkan. Sehingga, wawasan yang kamu miliki, dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan orang lain.

Seperti yang dikatakan oleh Supendi dalam workshop dai tangguh membangun negeri, yang menilai tantangan dakwah bagi para da’i saat ini sudah semakin kompleks, para dai harus mampu beradaptasi dalam situasi dan kondisi yang dihadapi. 

Untuk itu, para dai harus memiliki wawasan yang luas dan seorang dai juga harus bisa berkomunikasi dengan baik. Sehingga dakwah yang disampaikan bisa diterima oleh masyarakat. 

Seorang dai atau muballig yang baik tidak hanya menguasai materi dakwah, melainkan juga harus memahami budaya masyarakat yang menjadi sasaran dakwahnya. Hal itu akan mempermudah dai dalam memilih kata dan menemukan metode apa yang harus digunakan. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Berbicaralah kepada manusia menurut kadar kecerdasan mereka.” (HR. Muslim).

Penulis : Citra Anggraeni Alwi
Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai

0 Komentar